Ini Tujuh Cara Turunkan Berat Badan dengan Olahraga


Sabtu, 08 Agustus 2020 - 13:29:10 WIB
Ini Tujuh Cara Turunkan Berat Badan dengan Olahraga ilustrasi bersepeda

HARIANHALUAN.COM - Menurunkan berat badan, sebenarnya tak hanya berlaku bagi yang ingin tubuh ideal. Berat badan yang seimbang adalah kunci kesehatan jiwa dan raga seseorang. Cara menurunkan berat badan dengan olahraga bisa dijadikan referensinya. Berolahraga sebenarnya cukup mengasyikkan bukan? Sayangnya sebagian orang menganggapnya sebagai kegiatan yang cukup melelahkan. 

Padahal, cara menurunkan berat badan dengan olahraga bukan hal yang memberatkan dibanding menahan nafsu makan. Justru, menurunkan berat badan dengan olahraga membuat upaya mendapat berat badan ideal menjadi lebih menyenangkan. Bahkan, olahraga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. 

Cukup lakukan olahraga yang menurutmu menyenangkan, misalnya seperti bersepeda, jogging, jalan kaki, dan lain sebagainya. Berikut cara menurunkan berat badan dengan olahraga dari berbagai sumber: 

Yoga
Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India membuktikan yoga sangat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lemak di perut. Hal inilah yang membuat yoga menjadi cara menurunkan berat badan dengan olahraga menjadi lebih menyenangkan. Yoga akan melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran supaya lebih rileks. Hingga tubuh mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif. Mulailah berlatih yoga selama 10-20 menit setiap hari agar tubuh dapat melakukan sistem metabolisme dengan maksimal.

Berenang
Berenang bisa menjadi cara menurunkan berat badan dengan olahraga yang menyenangkan. Selain berenang dapat membentuk tubuh, berat badan ideal akan didapatkan. Sebuah studi yang dilakukan melibatkan beberapa wanita paruh baya menunjukan berenang selama 60 menit tiga kali dalam seminggu, dapat mengurangi lemak pada tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, dan kolesterol. Berenang melakukan kegiatan yang sangat mudah dan tak memiliki efek samping berbahaya seperti nyeri otot badan sehingga semua kalangan dapat melakukanya.

Jalan Kaki Cepat
Jalan kaki cepat juga bisa dijadikan referensi bagi yang sedang berupaya menurunkan berat badan. Cara menurunkan berat badan dengan olahraga yang satu ini tak memberatkan sama sekali. bahkan, bisa sambil bersantai dan menikmati suasana pagi dan sore hari. Ketika melakukan jalan kaki cepat, tubuh akan membakar 100 hingga 300 kalori dalam 30 menit (disesuaikan dengan berat badan) atau 200 hingga 600 kalori dalam 1 jam. Hal ini dikarenakan tubuh akan membakar gula yang disimpan sebagai bahan bakar atau energi. Pada sebuah studi dari Kanada juga menemukan bahwa jalan kaki cepat selama satu jam setiap harinya dapat mengurangi lemak perut pada wanita sebanyak 20% selama 13 minggu.

Sit Up dan Push Up
Hal mudah lainnya yang bisa dilakukan adalah sit-up dan push-up. Jika suda memutuskannya, berkomitmenlah akan melakukannya secara rutin. Melakukannya secara rutin akan membuatmu mendapat hasil yang maksimal. Cara menurunkan berat badan dengan olahraga yang satu ini juga cukup sederhana. Lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up. Naikkan intensitas latihan setiap harinya. Hal ini akan membantu menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Melakukan sit-up dan push-up di pagi hari, dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan karena dapat menyebabkan efek mudah kenyang.

Bersepeda
Bersepeda adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Kegiatan ini dapat menjadikan tubuh lebih bugar sekaligus ampuh turunkan berat badan. Bersepeda juga efektif mengurangi stres dan kecemasan. Meski bersepeda umumnya dilakukan di luar ruangan, saat ini banyak gym yang memiliki sepeda mesin. Hal ini semakin membuat cara menurunkan berat badan dengan olahraga menjadi lebih menyenangkan. Bersepeda di dalam ruangan ketika jika cuaca di luar tidak memungkinkan menjadi bisa dilakukan. Bersepeda tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan. Berbagai penelitian telah menunjukan bersepeda dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Termasuk bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

Jogging
Jogging menjadi kegiatan yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Jogging ini hampir sama dengan lari. Kecepatan saat melakukan jogging akan berada pada 6.4-9.7 km/jam, sedangkan 9.7 km/jam menjadi kecepatan saat berlari. Penelitian telah menunjukan bahwa melakukan jogging dapat membakar lemak visceral yang berbahaya, umumnya biasa dikenal lemak yang berada di bagian perut. Jogging bisa dijadikan pilihan cara menurunkan berat badan dengan olahraga yang rutin dilakukan setiap minggu. Tak perlu langsung dengan durasi lama. Lakukan saja selama 20-30 menit. Paling tidak 3-4 kali pada setiap minggunya. (*)

loading...
 Sumber : Liputan6.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]