Waduh! Di Lapas Salemba Djoko Tjandra Jalankan Isolasi Mandiri


Sabtu, 08 Agustus 2020 - 14:18:13 WIB
Waduh! Di Lapas Salemba Djoko Tjandra Jalankan Isolasi Mandiri Djoko Candra

HARIANHALUAN.COM - Djoko Tjandra, terpidana kasus korupsi Bank Bali yang sempat buron, kekinian masih menjalani isolasi mandiri selama 14 hari untuk mencegah penularan virus corona covid-19, setelah dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Salemba, Jakarta Pusat.

Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Aprianti dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/8/2020), mengatakan isolasi mandiri itu mengikuti protokol kesehatan bagi narapidana.

"Saat ini, Djoko Tjandra melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19, sekaligus menjalankan masa pengenalan lingkungan (mapenaling) di sel isolasi," kata Rika. 

Rika mengatakan, setelah 14 hari selesai menjalanakan isolasi mandiri, mapenaling, tidak langsung bisa ditempatkan bersama narapidana lain. Dia menuturkan, Djoko Tjandra juga nantinya diikutkan dalam rapid test virus corona untuk memastikan sudah negatif. Kalau hasil tes itu Djoko Tjandra dinilai nonreaktif terhadap Covid-19, barulah yang bersangkutan ditempatkan di kamar blok hunian untuk menjalankan pidana dan program pembinaan.

Lebih lanjut, dia menjelaskan Djoko Tjandra per 31 Juli 2020 telah dieksekusi oleh Kejaksaan dan menjadi narapidana dengan ditempatkan sementara di Rutan Salemba Cabang Bareskrim Polri. Sebab, kata dia, Djoko Tjandra masih dibutuhkan pemeriksaannya oleh Bareskrim Polri. Diketahui, kasus dugaan korupsi tersebut telah dinaikkan ke tahap penyidikan pada Kamis (6/8/2020).


"Pada Jumat (7/8/2020), narapidana atas nama Djoko Tjandra selesai dilakukan pemeriksaan oleh Bareskrim. Oleh karena itu selanjutnya Djoko Tjandra dikembalikan ke Rutan Salemba," ucap Rika. 

Selanjutnya pada hari yang sama, kata dia, Djoko Tjandra dipindahkan ke Lapas Salemba untuk menjalankan pidananya sebagai warga binaan. Sebelumnya, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap Djoko Tjandra untuk saat ini sudah dirasa cukup.

"Pemeriksaan Djoko Tjandra untuk sementara kami rasa sudah cukup. Oleh karena itu, kami berkoordinasi dengan Dirjen Pas untuk penempatan Djoko Tjandra selanjutnya," ucap Listyo saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Dalam kesempatan itu, Listyo juga menyampaikan bahwa gelar perkara kasus dugaan korupsi berupa gratifikasi terkait pengurusan penghapusan red notice atas nama Djoko Tjandra akan diadakan pekan depan. "Minggu depan kami akan melaksanakan gelar dalam rangka penetapan tersangka untuk kasus tipikor dengan mengundang rekan-rekan dari KPK," ucap Listyo. (*)

loading...
 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 26 September 2020 - 18:47:48 WIB

    Waduh! Anak Presiden Jokowi Punya Utang Rp895 Juta, Untuk Apa Ya?

    Waduh! Anak Presiden Jokowi Punya Utang Rp895 Juta, Untuk Apa Ya? HARIANHALUAN.COM - Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tercatat memiliki utang sebesar Rp895 juta dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dia sampaikan ke KPK. Untuk apa utang tersebut? Gibran m.
  • Sabtu, 19 September 2020 - 20:06:37 WIB

    Waduh! Hasil Riset Tunjukkan Potensi Tsunami 20 Meter Ancam Jawa

    Waduh! Hasil Riset Tunjukkan Potensi Tsunami 20 Meter Ancam Jawa HARIANHALUAN.COM - Relokasi gempa bumi yang dicatat oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Indonesia dan inversi data sistem penentuan posisi global (GPS) mengungkapkan adanya celah seismik yang jelas di.
  • Kamis, 17 September 2020 - 12:27:32 WIB

    Waduh! Semua Ruang Isolasi Covid-19 di Pekanbaru hampir Penuh

    Waduh! Semua Ruang Isolasi Covid-19 di Pekanbaru hampir Penuh HARIANHALUAN.COM - Lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19 yang mencapai ratusan dalam sepekan terakhir di Kota Pekanbaru, Riau, berakibat nyaris penuhnya ruang isolasi di 22 rumah sakit yang menangani perawatan pasien pen.
  • Ahad, 13 September 2020 - 12:46:45 WIB

    Waduh! Naiknya Kasus Covid-19 di Angkutan Umum Karena Ganjil Genap

    Waduh! Naiknya Kasus Covid-19 di Angkutan Umum Karena Ganjil Genap HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Airlangga Hartarto blak-blakan soal kenaikan kasus virus Corona di angkutan umum Jakarta. .
  • Kamis, 03 September 2020 - 22:52:47 WIB

    Waduh! Ternyata Ini Alasan Banyak Istri Gugat Cerai Suami di Masa Pandemi

    Waduh! Ternyata Ini Alasan Banyak Istri Gugat Cerai Suami di Masa Pandemi HARIANHALUAN.COM - Selama masa pandemi covid-19 ini, marak terjadi istri menggugat cerai ke Pengadilan Agama. Diketahui, perceraian di masa pandemi COVID-19, khususnya di Indonesia, mengalami peningkatan secara signifikan di .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]