Melonjak Tajam, Kasus Suspek Covid-19 di Sumbar Hampir 100 Orang Selama Sepekan Terakhir


Sabtu, 08 Agustus 2020 - 19:40:29 WIB
Melonjak Tajam, Kasus Suspek Covid-19 di Sumbar Hampir 100 Orang Selama Sepekan Terakhir Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Sepekan terakhir, kasus suspek di Sumbar melonjak tajam. Kasus suspek dikategorikan kedalam pasien yang terinfeksi virus corona, namun berstatus sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG), saat terinfeksi pasien yang bersangkutan dalam kondisi sehat.

Berdasarkan perkembangan Covid-19 yang di update oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jasman Rizal pada Jumat (31/7/2020) lalu, kasus suspek masih berada di angka 101 orang dengan pasien dirawat sebanyak 19 orang dan isolasi mandiri 82 orang.

Namun hari ini, kasus suspek di Sumbar melonjak di angka 177 orang, artinya terdapat 76 warga tambahan yang terindikasi suspek selama sepekan terakhir. Sehingga total dirawat sebanyak 11 orang dan isolasi mandiri 166 orang.

"Ada peningkatan yang signifikan pada kasus suspek di Sumbar, yakni sebanyak 76 orang," kata Jasman Rizal, Sabtu (8/8/2020).

Selain itu, pasien yang dinyatakan sembuh berdasarkan konversi negatif yang dilakukan sebanyak dua kali berjumlah lima orang, yang tersebar dibeberapa rumah sakit dan pusat karantina.

Kelima warga tersebut diantaranya, pria 48 tahun warga Mato Aia dan pria 46 tahun warga Koto Lua, keduanya bekerja sebagai karyawan bank, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

Kemudian pria 31 tahun warga Kampuang Jao, pekerjaan Swasta, terinfeksi karena kontak di pasar raya dan pria 33 tahun warga Padang Lua Kabupaten Agam, pekerjaan guru, diduga terpapar dari pekerjaan pasien karantina BPSDM, keduanya pasien karantina BPSDM. Terakhir pria 43 tahun warga Indaruang, pekerjaan swasta, diduga terpapar dari pekerjaan, pasien Semen Padang Hospital. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]