Cerita CEO ROW TV, Main Dota Hingga Dunia e-Sport


Sabtu, 08 Agustus 2020 - 20:17:57 WIB
Cerita CEO ROW TV, Main Dota Hingga Dunia e-Sport Muhammad Rizky Agung

HARIANHALUAN.COM - Tren eSport saat ini menjadi kebiasaan anak-anak milenial, termasuk di Indonesia yang popularitas dan perkembangannya begitu masif. Pasalnya, perkembangan dan popularitasnya saat ini tidak bisa lagi di pandang sebelah mata. eSport sendiri merupakan olahraga elektronik yang teknis permainannya diadopsi dari dunia gaming.

Saat bertanding, atlet eSport mengenakan seragam atau jersey layaknya atlet cabang olahraga pada umumnya. Atlet eSport bermain untuk tim, bukan individu serta dilatih secara profesional.

Cerita menarik mengenai eSport tersebut dipaparkan oleh CEO ROW TV, Muhammad Rizky Agung. Berawal dari hobi bermain game hingga dirinya berhasil merintis sebuah organizer eSport bernama ROW. 

Bermula dari kegemaran bermain game saat kecil, Rizky sudah bermain salah satu game online Dota sejak 2006 serta game tipe MMORPG, seperti Ragnarok dan Perfect World.

Kemudian pada tahun 2017, Rizky melihat satu kesempatan bahwa eSport bisa menjadi salah satu peluang bisnis karena industrinya di Indonesia sudah mulai berkembang. Lalu, pada tahun 2018 dirinya memutuskan untuk membuat sebuah organizer eSport bernama ROW. 

Berawal dari Kota Bingkuang Padang, Rizky merintis ROW untuk pertama kalinya di Padang hingga berkembang pesat hingga kini dan ia juga mempunyai komunitas eSport yang cukup besar. Saat ini ROW berkantor pusat di Jakarta. 

Menurutnya, perkebangan eSport di Indonesia tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Karena meningkatnya teknologi membuat industri hiburan saat ini mulai mengarah pada eSport. Tak hanya itu banyaknya event atau turnamen eSport yang menyiapkan hadiah fantastis semakin menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. 

Turnamen eSport mulai disiarkan di televisi, dan content creator di Youtube yang muncul dengan topik utama soal eSport juga menambah pesatnya perkembangan olahraga elektronik tersebut.

Olahraga elektronik ini sudah menuju era profesional. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya tim eSport profesional yang bermunculan di Indonesia. 

Tak hanya itu, pemerintah juga mendukung perkembangan industri eSport, terbukti dengan banyaknya lembaga atau asosiasi eSport resmi di Indonesia, seperti IESPA dan PBSI. Epic-nya lagi eSport sendiri sudah masuk menjadi cabang Olimpiade di SEA Games dan ASIAN Games.

Pada tahun 2021 mendatang eSport direncakan akan dimasukkan ke dalam cabang resmi di AIMAG (Asian Indoor dan Martial Arts Games). Namun, dibalik cemerlangnya dunia eSport terdapat beberapa tantangan di Indonesia. 

Seperti masyarakat sebagai pelaku atau penikmat eSport masih banyak yang belum mengerti dan menghargai olahraga itu sendiri. Kemudian, masih banyak sesama penikmat eSport yang saling menjatuhkan terutama saat melakukan live streaming.

Dunia eSport juga memiliki peluang bisnis di masa depan. Tak hanya sebagai game saja tapi juga berhubungan dengan aspek media dan broadcasting. Beberapa sekolah di Indonesia juga sudah ada yang membuat eSport sebagai ekstra kurikuler mereka. di beberapa perusahaan swasta juga sedang berencana membuat academy eSport di Indonesia.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]