Inilah Alasan Kenapa Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kerap Ditolak


Ahad, 09 Agustus 2020 - 06:02:46 WIB
Inilah Alasan Kenapa Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kerap Ditolak Dok PNP

HARIANHALUAN.COM - Kesalahan umum pengusul penelitian adalah tidak mengikuti panduan terbaru, tidak memperhatikan indikator penilaian, dan tidak memiliki roadmap penelitian.

Di sisi lain, pengusul hibah pengabdian di samping tidak mematuhi pedoman yang diberikan juga tidak mencantumkan luaran yang sesuai, melanggar etika ilmiah, seperti plagiat, salah memilih skim, dan tidak mengungkapkan substansi pengabdian secara jelas.

Hal itu mengapung dalam Webinar Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang menghadirkan narasumber Dr. Primadona, S.E., M.Si. (Dosen Politeknik Negeri Padang) dan Prof.Fr.Ratni Orimalita, S.E., M. M.(Dosen Universitas Andalas), dikutip dari laman resmi PNP, Minggu (9/8/2020).

Dalam Webinar yang dimoderatori Afifah, S.E., M.M tersebut, Primadona mengungkapkan, khusus untuk proposal Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) penilaian difokuskan pada masalah yang diteliti (kontribusi pada iptek-sosbud, perumusan masalah dalam kaitannya dengan renstra penelitian perguruan tinggi.

Kemudian, rekam jejak peneliti, dukungan dana ( incash/in kind ) dari internal perguruan tinggi, keutuhan peta jalan penelitian, potensi tercapainya luaran (temuan baru mencakup teori, metode, kebijakan, publikasi, HKI, buku ajar, model/kebijakan dan lain-lain),

"Kekeliruan yang sering dilakukan peneliti, bahkan peneliti yang termasuk sering mempublikasikan hasil penelitiannya adalah lupa melakukan update terhadap biodata, padahal itu bagi reviewer memiliki poin yang luar biasa," tekan Primadona, yang juga menjabat Ketua Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Padang. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]