Unik! Berniaga ala Rasulullah di Pasar Muamalah Padang, Belanja Gunakan Dirham, Fulus dan Dinar


Ahad, 09 Agustus 2020 - 12:12:10 WIB
Unik! Berniaga ala Rasulullah di Pasar Muamalah Padang, Belanja Gunakan Dirham, Fulus dan Dinar Pasar Muamalah Padang yang dilakukan di pelataran parkir Hotel Nabawi yang beralamat di Jalan Veteran No 51 Kota Padang

HARIANHALUAN.COM - Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbelanja dengan alat tukar yang berbeda bisa langsung mendatangi Pasar Muamalah Padang yang digelar di pelataran parkir Hotel Nabawi yang beralamat di Jalan Veteran No 51 Kota Padang. Kegiatan jual beli di sana dilakukan dengan menggunakan alat tukar berupa Dirham, Dinar, Fulus, dan barter.

Pasar tersebut digelar tanpa diambil pungutan atau sewa, kemudian juga tanpa riba. Pasar Muamalah Padang tersebut berlangsung pada hari Minggu (9/8) mulai dari pukul 07.00 WIB hingga selesai.

Pantauan Harianhaluan.com, pedagang di sana menjual berbagai kebutuhan rumah tangga seperti sembako, sayur-mayur. Kemudian juga ada buku-buku, cemilan berupa kismis, kurma, dan huga air zam-zam.

Salah seorang pengunjung, Rahwadita Sollah mengatakan ia sangat tertarik berkunjung ke Pasar Muamalah Padang tersebut. Karena Dita mengaku di Kota Padang jarang sekali ditemukan event seperti itu. "Menarik dan kita tahu bagaimana cara berniaga ala Rasulullah pada zamannya," katanya sambil tersenyum.

Pasar Muamalah Padang tersebut digelar oleh Komunitas Pecinta Dinar dan Dirham Kota Padang. Walaupun digelar di tempat umum, kegiatan itu tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah.

Dinar dan Dirham yang diterima dalam jaringan perdagangan tersebut adalah alat tukar yang resmu dikeluarkan oleh pihak yang berwenang. Yaitu, para Sultan dan Amir Muslimin dan hanya Dirham dan Dinar yang mengikuti ketetapan Rasulullah saja yang distandarisasikan.

Dinar dan Dirham yang dimaksud yaitu berupa koin emas seberat 4,25 gram berkadar 22 karat dan koin perak seberat 2,975 gram berkadar 99,9 persen. Daya belinya untuk 1 Dinar jika dirupiahkan ada di angka Rp 4 juta 260 ribu. Kemudian 1 Dirham ada di angka Rp 73.200 dan 2 Fulus ada di angka Rp 6.100. Selain itu di Pasar Muamalah Padang tersebut juga tersedia tempat untuk menukarkan Rupiah ke Dinar, Dirham, dan Fulus. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 Februari 2017 - 11:01:50 WIB

    Unik! Sandal Jepit Diukir Sesuai Pesanan Pembeli

    Unik! Sandal Jepit Diukir Sesuai Pesanan Pembeli PADANG, HALUAN – Membuka usaha yang berbeda dari yang lain, pasti memiliki tantangan tersendiri bagi pelaku usaha. Tapi sebagai wirausaha tentu harus bisa melewati berbagai tantangan dan rintangan itu agar produk yang ditaw.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]