Diduga Lakukan Balap Liar, Puluhan Motor Dikandangkan Polres Pasbar


Ahad, 09 Agustus 2020 - 19:41:06 WIB
Diduga Lakukan Balap Liar, Puluhan Motor Dikandangkan Polres Pasbar Puluhan sepeda motor yang diamankan oleh Satlantas Polres Pasbar.

HARIANHALUAN.COM - Satlantas Polres Pasbar mengamankan puluhan unit sepeda motor yang menggunakan knalpot blong dan tidak memiliki kelengkapan kendaraan saat menggelar razia balap liar di seputaran jalan Jalur 32, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu (8/8/2020) malam. Motor yang  diamankan tersebut diduga telah melakukan balap liar yang mengganggu kenyamanan pengguna jalan raya lainnya dan masyarakat sekitar.

"Kita sudah menerima banyak keluhan dari masyarakat yang merasa sangat terganggu dengan adanya kegitan balap liar ini. Selain mengganggu kenyamanan, aksi balap liar secara ugal-ugalan ini juga sangat berisiko dan membahyakan pengendara lainnya. Makanya kita lakukan razia ini untuk melakukan penertiban," ujar Kasat Lantas Polres Pasbar, AKP Asep Wahyudi kepada harianhaluan.com, Minggu (9/8/2020).

Asep Wahyudi juga mengatakan, pihaknya akan terus melakukan razia di titik yang sering terjadi aksi balapan liar tersebut untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif, terutama dalam situasi pandemi Covid-19 seperti saat sekarang ini. "Knalpot blong mengakibatkan polusi suara, mengganggu orang ibadah, anak-anak yang sedang belajar di rumah, apalagi orang yang sedang sakit," kata Kasat.

Ditambahkan Asep, untuk masyarakat yang ingin mengambil kembali motornya, harus melengkapi surat-surat kendaraannya serta mengembalikan keadaan sepeda motornya dengan spesifikasi standar sesuai aturan yang berlaku. seperti, memasang plat nomor, memasang kaca spion, knalpot standar dan lainnya.

Asep Wahyudi juga mengimbau agar orang tua dapat selalu mengedukasi dan memberikan pengawasan serta mengingatkan anak-anaknya agar selalu taat dalam mematuhi peraturan berlalu lintas dan tidak mengganti standar Nasional (pabrikan) kendaraan. Gunakanlah kendaraan sebagaimana mestinya, demi keselamatan dan tidak mengganggu kenyamanan masyarakat atau pengguna jalan raya lainnya. 

"Selain itu, para orang tua juga harus menjalankan fungsi pengawasan kepada anaknya, agar tidak menjadi korban lakalantas akibat balapan liar," pesannya. (*)

loading...
Reporter : Fadli /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]