Legislator Minta Pelestarian Seni Budaya Harus Tetap Terjaga


Ahad, 09 Agustus 2020 - 22:54:05 WIB
Legislator Minta Pelestarian Seni Budaya Harus Tetap Terjaga Aleg DPRD Kabupaten Pasaman, dari Fraksi PPP, Yulius Erita, foto bersama usai acara pementasan seni budaya di lapangan sepakbola Tanjung Medan.

HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Kabupaten Pasaman, Yulius Erita meminta, pemerintah setempat agar memperhatikan sekaligus melakukan berbagai upaya dalam menjaga dan melestarikan seni budaya yang ada di daerah itu. Menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada di dalam daerah adalah tanggung jawab bersama.

"Namun, diharapkan pemda terkait agar lebih maksimal dalam upaya pelestarian kesenian daerah," ujar legislator dari Fraksi PPP ini saat membuka pementasan seni budaya lokal, Sanggar Seni Tanjung Medan, di Lapangan Sepakbola Tanjung Medan, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, Minggu (9/8/2020).

Menurut Erita, apa yang dilakukan oleh pemuda-pemudi Tanjung Medan, lewat wadah sanggar seni dan budayanya dalam menjaga kelestarian seni budaya patut diapresiasi. Nilai -nilai budaya ini, kata dia, harua terus dirawat dan dilestarikan agar tidak tergerus oleh kemajuan global. Apresiasi kepada pemuda dan pengurus sanggar seni budaya Tanjung Medan. 

"Mudah mudahan mampu membangkit batang tarandam dan menanamkan kecintaan pada seni budaya di tubuh anak anak nagari," pungkasnya.

Dia berharap, kegiatan yang dilaksanakan oleh sekelompok pemuda itu harusnya juga diapresiasi oleh pemerintah setempat. Pasalnya, pelestarian seni dan budaya daerah harus terus dilakukan agar tidak hilang ditelan zaman. "Kegiatan ini memiliki makna positif dan sangat dalam maknanya dalam pengenalan budaya lokal kepada generasi muda," katanya.

Sebagai wakil rakyat, istri dari Walinagari Panti ini memiliki perhatian besar kepada pemuda pemudi kreatif di wilayahnya. Salah satunya terhadap kegiatan pelestarian seni budaya oleh pemuda Tanjung Medan. Beragam seni dan budaya tradisional dipentaskan dalam gelaran baralek gadang Sanggar Seni Tanjung Medan tersebut. Selain aneka tari tarian, bermacam silat dan randai juga turut ditampilkan. 

"Saya sangat mendukung upaya pelestarian kesenian daerah yang dilakukan oleh anak anak muda ini. Meskipun terkendala minimnya sarana dan prasarana, dan menggunakan peralatan seadanya, mereka tetap semangat. Oh ya, acara tadi juga didukung oleh ibu Emma Yohanna, Senator kita di DPD RI," pungkasnya. (*)

loading...
Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 23:20:13 WIB

    Legislator Pertanyakan Kematian Puluhan Ribu Ayam di Pasaman

    Legislator Pertanyakan Kematian Puluhan Ribu Ayam di Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kasus kematian puluhan ribu ayam bantuan program bedah kemiskinan rakyat sejahtera (Bekerja) di Kabupaten Pasaman mulai disorot banyak pihak. Salah satunya oleh legislator setempat..
  • Ahad, 18 Juni 2017 - 20:23:04 WIB

    Legislator Respon Positif Rencana Pemekaran Agam

    Legislator Respon Positif Rencana Pemekaran Agam AGAM,HARIANHALUAN.COM-- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI ) Mulyadi merespon rencana pemekaran Kabupaten Agam dengan positif. Jika itu dirasa baik, dan sudah dinilai layak, maka ada baiknya pihak pihak yang memiliki kew.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]