Ini Sayuran Pilihan untuk Kontrol Gula Darah


Senin, 10 Agustus 2020 - 09:44:37 WIB
Ini Sayuran Pilihan untuk Kontrol Gula Darah Ilustrasi

HARIANHALUAAN.COM - Memilih makanan seperti sayuran rendah glikemik bagus untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain membantu proses pencernaan berjalan dengan baik, sayuran jenis ini juga dapat menjaga kadar gula dalam darah tetap sehat.

Mengutip Medical News Today, beberapa studi menunjukkan bahwa diet rendah glikemik dapat membantu mengurangi tekanan darah pada orang dewasa yang sehat.

Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang terkandung pada makanan.

Saat mengonsumsi makanan atau minuman dengan karbohidrat tinggi, tubuh akan memecahnya menjadi glukosa. Glukosa akan masuk ke aliran darah dan menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Makanan tinggi glikemik umumnya menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang lebih cepat dan tinggi. Lonjakan gula darah ini berpotensi menurun langsung seketika dan mengakibatkan timbulnya rasa lapar. Akibatnya, seseorang akan mudah merasa lapar meski baru makan.

Makanan rendah glikemik dapat membuat Anda terhindari dari fluktuasi kadar gula dalam darah.

Indeks glikemik sendiri umumnya ditentukan dalam patokan skor. Setiap makanan akan mendapatkan skor tertentu yang menandakan besaran kandungan glikemik di dalamnya.

Skor makanan dengan GI rendah berada di bawah 55. Sementara untuk makanan GI sedang berada pada skor 55-70. Terakhir, skor lebih dari 70 untuk makanan dengan GI tinggi. Gula dan roti putih adalah makanan dengan skor GI 100.

Makanan yang tinggi glikemik umumnya merupakan makanan yang melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Sayuran bisa menjadi salah satu pilihan sayuran rendah glikemik yang tepat. Dengan rendahnya angka glikemik, sayuran memiliki kandungan serat dan protein yang lengkap untuk tubuh.

Buncis menjadi salah satu pilihan sayuran yang tepat dengan skor GI 28. Buncis merupakan sumber protein dan serat yang baik dengan masing-masing kandungan sebanyak 11,8 gram dan 10,6 gram per 450 gram. Buncis juga mengandung nutrisi utama seperti kalsium, kalium, dan vitamin B9.

Selain buncis, ada pula wortel dengan skor GI 39. Wortel mengandung betakaroten yang baik untuk kesehatan mata. Wortel juga merupakan agen antioksidan yang tepat dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Selain buncis dan wortel, berikut pilihan sayuran rendah glikemik yang bisa Anda coba, mengutip Live Strong:

- brokoli (skor 10)

- kubis (skor 10)

- selada (skor 10)

- bawang bombai (skor 10)

- paprika merah (skor 10)

- tomat (skor 15)

- kembang kol (skor 15)

- terong (skor 15)

- jagung manis (skor 39 dan 47) (*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]