Kuasa Hukum Bapaslon Fahkrizal-Genius Umar Minta Bawaslu Lebih Selektif


Senin, 10 Agustus 2020 - 19:02:33 WIB
Kuasa Hukum Bapaslon Fahkrizal-Genius Umar Minta Bawaslu Lebih Selektif Kuasa Hukum Fakhrizal-Genius Umar, Virza Benzan, saat diwawancarai sejumlah awak media.

HARIANHALUAN.COM -- Terkait penyelesaian sengketa pasangan calon (Paslon) Fakhrizal-Genius Umar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar adakan musyawarah terbuka. Dalam musyawarah, paslon tersebut didamlingi Kuasa Hukumnya Virza Benzani, Senin (10/8/2020).

Dalam musyawarah tersebut, Bawaslu Sumbar diharapkan lebih selektif dalam melakukan pnyelesaian sengketa yang dihadapi oleh kliennya, dimana Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan LO Paslon yang ada didaerah.

"Saya tegaskan, bahwa pihaknya KPU tidak ada melakukan koordinasi dengan LO yang ada didaerah. Kami minta Bawaslu lebih selektif dalam perkara ini," terangnya.

Ditambahkannya, ia mengatakan bahwa tidak ada koordinasi dengan LO, itu memang tidak ada, karena pada saat diminta bukti koordinasi tersebut, KPU tidak bisa memperlihatkannya.

"Kami tidak berharap suara yang 186.783 tersebut diakui atau memenuhi syarat. Namun kami berharap agar kejadian yang menimpa kedua pasangan menjadi pembelajaran buat KPU selanjutnya," harapnya.

Sementara Komisioner KPU Sumbar Yanuk Sru Mulyani usai musyawarah mengatakan, KPU Sumbar sudah menyampaikan jawaban atas apa yang diinginkan oleh pemohon, namun karena ada perbaikan laporan dari pemohon, jadi untuk jawaban perbaikan tersebut akan dirundingkan terlebih dahulu.

"Jawaban itu sedang diperbaiki dan akan diserahkan pada sidang selanjutnya yang tunda pada hari besok," tandasnya.

Sementara diketahui, pasangan bakal calon dari jalur perseorangan Fahkrizal dan Genius Umar pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 9 Desember 2020 mendatang lakukan protes terhadap hasil verifikasi faktual dukungan oleh KPU Sumbar tersebut.

Dalam rapat pleno, disampaikan bahwa angka dukungan hasil rekapitulasi KPU Sumbar untuk Balon Fakhrizal dan Genius Umar hanya sebanyak 130.256 suara, sedangkan angka yang ditetapkan KPU berjumlah 316.051 dan angka tersebut sangat jauh dari target minimal yang ditetapkan KPU Sumbar.  (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]