Kondisi Ekonomi Indonesia Dianggap masih Lebih Baik dari Negara Lain


Selasa, 11 Agustus 2020 - 06:39:53 WIB
Kondisi Ekonomi Indonesia Dianggap masih Lebih Baik dari Negara Lain ilustrasi ekonomi Indonesia

HARIANHALUAN.COM - Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Arif Budimanta mengklaim, kondisi ekonomi Indonesia masih lebih baik dibandingkan beberapa negara lain meski terkontraksi minus 5,32 persen. Banyak negara yang ekonominya terkontraksi lebih tajam dari Indonesia. Misal, pertumbuhan ekonomi Uni Eropa minus 14,4 persen, AS minus 9,5 persen, Singapura terkontraksi minus 12,6 persen, dan Malaysia minus 8,4 persen. 

Artinya, kondisi Indonesia relatif lebih dibandingkan dengan beberapa negara tersebut. "Jika momentum perbaikan bisa kita jaga dan tingkatkan, maka kuartal III ini ekonomi kita bisa segera pulih," kata Arif kepada wartawan, Senin (10/8/2020) kemarin.

Menurut Arif, sejak awal Presiden Jokowi telah memberikan arahan untuk melakukan program dan fasilitas yang sifatnya counter cyclical. Tujuannya untuk mendorong ekonomi domestik khususnya konsumsi masyarakat, sehingga tidak membuat ekonomi terkontraksi lebih dalam lagi. "Kita harus bangkit dengan mengoptimalkan potensi ekonomi dalam negeri. Konsumsi masyarakat, belanja pemerintah, maupun pertumbuhan investasi domestik harus didorong," tuturnya.

Berdasarkan data Juli, perbaikan-perbaikan sudah mulai terlihat seperti, manufacturing PMI yang meningkat dari 39,1 pada Juni menjadi 46,9 pada Juli. Pemerintah menargetkan manufacturing PMI ini bisa naik diatas 50 di Agustus ini. Pertumbuhan kredit perbankan mulai ada tanda perbaikan pada bulan Juli lalu. Jika hal ini terus ditingkatkan, ekonomi Indonesia dapat tumbuh positif di kuartal III 2020 dan terhindar dari jurang resesi. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 03 September 2020 - 10:01:53 WIB

    Ngeri! Begini Kondisi Utang Pemerintah RI Versi Ekonom Senior Didik J. Rachbini

    Ngeri! Begini Kondisi Utang Pemerintah RI Versi Ekonom Senior Didik J. Rachbini HARIANHALUAN.COM - Pemerintah memberlakukan kebijakan fiskal yang ekspansif untuk penanganan Covid-19 dan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Melalui Perpres Nomor 72 Tahun 2020 tentang perubahan kedua APBN 2020, outloo.
  • Kamis, 16 Juli 2020 - 11:43:20 WIB

    3 Kondisi Ini yang Bisa Selamatkan RI dari Jurang Resesi

    3 Kondisi Ini yang Bisa Selamatkan RI dari Jurang Resesi HARIANHALUAN.COM - Ekonomi Indonesia tengah berada di pinggir jurang resesi. Ekonomi RI di kuartal II-2020 hampir dipastikan mengalami kontraksi, sedangkan jika kuartal III-2020 kembali minus maka dipastikan ekonomi RI sudah .
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 12:41:56 WIB

    Bagaimana Kondisi Bank di Indonesia saat Corona Merajalela?

    Bagaimana Kondisi Bank di Indonesia saat Corona Merajalela? HARIANHALUAN.COM - Vice President Economist Bank Permata Josua Pardede menyampaikan kondisi perbankan selama dihantam virus Corona (COVID-19) masih relatif kuat dibanding sektor lainnya. Lantaran, dari sisi Dana Pihak Ketiga .
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 09:22:15 WIB

    Sri Mulyani Sebut Kondisi Keuangan Negara Alami Tekanan Berat

    Sri Mulyani Sebut Kondisi Keuangan Negara Alami Tekanan Berat HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengadakan Townhall Meeting bersama seluruh jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Indonesia..
  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 21:33:01 WIB

    Di Mata Pengusaha, Kondisi Ekonomi RI Sangat Berat!

    Di Mata Pengusaha, Kondisi Ekonomi RI Sangat Berat! HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menilai ekonomi Indonesia saat saat masuk dalam kondisi sangat berat. Kondisi yang sangat berat ini diperkuat dengan jumlah pekerja yang.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]