Bawaslu Dharmasraya Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bagi Saka Adhyasta Pemilu


Selasa, 11 Agustus 2020 - 11:42:21 WIB
Bawaslu Dharmasraya Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bagi Saka Adhyasta Pemilu Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bagi Saka Adhyasta Pemilu yang dilaksanakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya, di Gedung Pertemuan Serbaguna Hotel Umega Gunung Medan, Selasa (11/8/2020).

HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menggelar kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh unsur Pramuka Satuan Karya (Saka) Adhyasta Pemilu, Selasa (11/8/2020).

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Dharmasraya, Laila Husni di Dharmasraya mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya pencegahan terjadinya pelanggaran Pemilu pada Pilkada Serentak 2020 di daerah itu. 

"Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri, diharapkan pramuka mampu melebarkan fungsi partisipasinya sebagai pengawas pemilu terutama dalam mengawasi aktivitas di media sosial, money politic dan dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN)," ungkapnya. 

Menurutnya, kemampuan Bawaslu dalam pengawasan sangat terbatas karena perimbangan luasan lingkup wilayah objek pengawasan tidak sebanding dengan petugas pengawas Pemilu yang ada. Sementara lanjutnya, menjamin kesetaraan hak demokrasi warga negara dalam setiap tahapan pilkada serentak, mutlak harus dilakukan sekaitan dengan misi yang diamanahkan kepada setiap lembaga pelaksana dan pengawas pemilu untuk melahirkan pemimpin berkualitas melalui Pemilu yang berintegritas. 

"Untuk mewujudkan itu semua jelas merupakan tanggungjawab kita semua selaku warga negara Indonesia," tegasnya. 

Sementara itu, dikatakan salah seorang peserta sosialisasi, Fahrur Rozi mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan secara simultan dan berkelanjutan oleh pihak Bawaslu setempat. "Diakui bahwa kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak politiknya secara bijak masih sangat kurang, dan kondisi ini tentu tidak boleh kita biarkan," katanya. 

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, mereka sebagai target sosialisasi bisa memperoleh pengetahuan yang lengkap tentang tata kerja dan kewenangan lembaga pengawas pemilu disamping bisa mengetahui hak-hak masyarakat sebagai pemilih serta mengenali apa saja objek pelanggaran yang harus diawasi dan teknik pelaporan jika ditemukan pelanggaran oleh masyarakat. 

"Ternyata pelanggaran pemilu itu bukan hanya politik uang saja, sangat beragam dan bisa saja dilakukan oleh siapa saja termasuk pejabat negara," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]