Jadi Tersangka, Indra Catri Masih Bisa Mendaftar di Pilgub Sumbar 2020


Selasa, 11 Agustus 2020 - 16:42:00 WIB
Jadi Tersangka, Indra Catri Masih Bisa Mendaftar di Pilgub Sumbar 2020 Indra Catri

HARIANHALUAN.COM - Walau sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik, Bupati Kabupaten Agam Indra Catri masih bisa melakukan pendaftaran sebagai Bakal Calon Gubernur Sumbar 2020.

Hal itu disampiakan Devisi Hukum Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Yanuk Sri Mulyani, bahwasanya telah tersandung kasus yang telah disangkakan, yang bersangkutan masih bisa melanjutkan tahapan oleh KPU dalam Pilgub Sumbar.

Itu dikarenakan bahwa terkait kasus yang menimpa yang bersangkutan belum berkekuatan hukum tetap. Karena berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) syarat seseorang dapat mendaftar sebagai calon kepala daerah adalah tidak pernah dipidana penjara dengan kekuatan hukum tetap.

"Berarti, walau sudah ditetapkan sebagai tersangka, Indra Catri masih bisa mendaftarkan diri sebagai Bapaslon Gubernur," terangnya.

Sementara itu, Polda Sumbar menetapkan Bupati Agam Indra Catri sebagai tersangka dalam kasus dugaan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik. Ia ditetapkan sebagai tersangka  tersangka berdasarkan surat tap/33/VII/Reg 2.5/2020/Ditreskrimsus tanggal 10 Agustus 2020.

Diketahui Indra Catri juga telah resmi mendapatkan Surat Keputusan (SK) DPP Partai Gerindra sebagai bakal calon wakil gubernur Sumbar, mendampingi Nasrul Abit sebagai bakal calon gubernurnya.  (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]