STO Telkom Pekanbaru Terbakar, Jaringan Provider Telkomsel Lumpuh di Sumbar


Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:32:43 WIB
STO Telkom Pekanbaru Terbakar, Jaringan Provider Telkomsel Lumpuh di Sumbar Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Jaringan provider Telkomsel lumpuh di Sumatra Barat (Sumbar) sejak pukul 14.30 WIB hingga saat ini. Hal tersebut diakibatkan terjadinya kebakaran fasilitas sentra telepon otomat (STO) Telkom di Kota Pekanbaru.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin menyampaikan bahwa kejadian tersebut berdampak pada layanan panggilan suara dan SMS yang belum dapat digunakan, dan ada penurunan kualitas akses data di sejumlah wilayah di Sumatera," kata Denny melalui keterangan tertulisnya, Selasa (11/8/2020).

Saat ini tim teknis telkomsel masih berupaya melakukan pemulihan layanan secara menyeluruh supaya dapat normal kembali. Ia berjanji akan menyampaikan perkembangan proses pemulihan secara berkala. Pihak Telkomsel juga meminta maaf kepada pelanggan di daerah Sumatera yang terdampak karena gangguan ini.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas gangguan dan ketidaknyamanan yang terjadi. Terima kasih atas kepercayaan pelanggan untuk tetap menggunakan layanan Telkomsel," ucap Denny.

Seorang kontributor dari Okezone, Rus Akbar, merasa cemas lantaran hilangnya jaringan provider telkomsel berdampak pada pekerjaannya dalam membuat berita. “Matilah, terganggu aktivitas dan mengirim berita tidak dapat, menghubungi narasumber juga tidak bisa,” katanya.

Ia baru mengetahui jaringan terganggu saat mencoba menghubungi narasumber untuk pemberitaan. Tetapi berulang kali mencoba tidak terhubung. Tidak hanya itu, ia kemudian mencoba memanfaatkan jaringan wifi alias Indihome, namun hal yang sama juga terjadi.

“Saya baru dapat informasi kalau ada kebakaran di Pekanbaru, mungkin rembesan dampaknya ke Sumbar sehingga tidak dapat mengakses komunikasi dan internet,” ujarnya sedikit kesal.

Hal yang sama juga dirasakan Editor Harianhaluan.com, Agoes Embun dan Milna Miana. Agoes terpaksa ganti kartu agar dapat melaksanakan tugasnya sebagai redaktur. Sedangkan Milna meminjam smartphone suaminya yang menggunakan kartu selain telkomsel. 

"Dari pagi sinyal saya hilang. Kirain ada apa, ternyata sinyal hilang se Sumatra," kata Agus. 

Sebelumnya diinformasikan bahwa penyebab jaringan provider hilang diakibatkan oleh Gedung Telkom terbakar yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Riau. Kebakaran diduga berasal dari lantai dua. Untuk memadamkan api tersebur Damkar Pekanbaru telah mengerahkan sebanyak delapan mobil pemadam kebakaran. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]