Mau Jadi Pengusaha Muda? Cobalah Bisnis EBT


Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:35:50 WIB
Mau Jadi Pengusaha Muda? Cobalah Bisnis EBT Dok Kementerian ESDM

HARIANHALUAN.COM - Pergerseran pola konsumsi energi dan keterbatasan energi fosil mendorong Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mendorong lahirnya bibit-bibit wirausahawan baru di sektor Energi Baru Terbarukan (EBT).

Hal ini ditegaskan oleh Arifin saat menghadiri webinar yang diselenggarakan oleh Rakyat Merdeka dan Society of Renewable Energy (SRE) Institut Teknologi Bandung, dikutip dari Kementerian ESDM, Selasa (11/8/2020).

"Saya mengajak adik-adik sebagai genarasi andalan kita di masa depan bagaimana memanfaatkan sumber-sumber yang ada di negeri kita untuk menghasilkan energi yang terbarukan dan bisa menciptakan entrepreneur baru," kata Arifin.

Salah satu yang potensial digarap, sambung Arifin, adalah biomassa lantaran bahan baku yang mudah didapatkan, yakni limbah tanaman atau tumbuhan. "Ini yang saya ini bisa dikembangkan apalagi industri pendukungnya sudah bisa diproduksi dalam negeri," ungkap Arifin.

Biomassa sendiri salah satunya tengah diimplementasikan untuk co-firing (campuran material sumber bahan bakar) pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang menggunakan bahan bakar batubara. Bahan baku campuran co-firing diambil dari sampah yang dilakukan pengolahan menjadi pellet sampah, pellet kayu maupun wood chip.

Dalam paparannya, Arifin juga berharap para generasi mudah dapat memanfaatkan potensi tanaman setempat, seperti pembuatan bioetanol dari tanaman aren, sagu dan sebagainya, melakukan pendampingan bagi masyarakat dalam pengembangan EBT, menciptakan inovasi baru hingga mengembangkan start-up untuk aplikasi penghematan energi.

Saat ini, Kementerian ESDM telah melakukan berbagai program untuk melibatkan secara aktif generasi milenial di sektor EBT. Salah pemikiran generasi muda bisa diwujudkan melalui lomba ide dan inovasi di sektor energi bertajuk #ESDMChallenge2020.

Kompetisi ini dikhususkan bagi para mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia yang memiliki ide dan rencana aksi yang aplikatif untuk menjawab permasalahan energi di Indonesia. 10 finalis dengan ide terbaik akan memaparkan langsung ide mereka di hadapan dewan juri pada Seminar Energi Challenge 2020 yang akan dilangsungkan Jumat, 14 Agustus 2020.

Selain itu, ada pula kompetisi menulis energi hingga lomba foto energi. Kompetisi ini didasari atas pentingnya menyuarakan pembangunan sektor energi dan pertambangan tak terkecuali energi baru terbarukan dalam kehidupan sehari-hari. (*)

loading...
 Sumber : Kementerian ESDM /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 September 2020 - 12:05:33 WIB

    Mantap! 143 Perusahaan Asing Mau Pindahkan Investasi ke RI

    Mantap! 143 Perusahaan Asing Mau Pindahkan Investasi ke RI HARIANHALUAN.COM - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat ada 143 perusahaan asing yang berpotensi merelokasi atau memindahkan investasinya ke Indonesia. Dari potensi tersebut, terdapat tiga perusahaan yang sudah me.
  • Senin, 24 Agustus 2020 - 19:14:17 WIB

    Meterai Rp 3.000 dan Rp 6.000 Mau Dihapus, Lho Kenapa?

    Meterai Rp 3.000 dan Rp 6.000 Mau Dihapus, Lho Kenapa? HARIANHALUAN.COM - Pemerintah akan menaikkan tarif bea meterai menjadi Rp 10.000. Dengan demikian tidak akan ada lagi tarif bea meterai yang sebelumnya Rp 3.000 dan Rp 6.000..
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 06:21:23 WIB

    Mau Punya Uang Rp 75.000 Khusus HUT RI? Begini Caranya

    Mau Punya Uang Rp 75.000 Khusus HUT RI? Begini Caranya HARIANHALUAN.COM - Bank Indonesia (BI) baru saja menerbitkan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun dengan nominal Rp 75 ribu. Uang ini bisa dimiliki bisa oleh masyarakat, tapi untuk mendapatkannya mesti melakukan pemesanan pen.
  • Sabtu, 15 Agustus 2020 - 17:43:56 WIB

    Indonesia Diambang Resesi, Mau Tetap Stimulus atau Ubah Template Ekonomi?

    Indonesia Diambang Resesi, Mau Tetap Stimulus atau Ubah Template Ekonomi? HARIANHALUAN.COM-Indonesia sudah hampir jatuh dalam jurang resesi. Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di Kuartal II-2020 minus 5,32%. Hal ini diartikan bahwa Indonesia bisa dipastikan akan me.
  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 13:13:51 WIB

    Ibu Rumah Tangga dan Korban PHK Mau Dapat Rp10 Juta? Ini Syaratnya

    Ibu Rumah Tangga dan Korban PHK Mau Dapat Rp10 Juta? Ini Syaratnya HARIANHALUAN.COM - Kabar baik bagi ibu rumah tangga dan korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Pasalnya pemerintah akan memberikan kredit tanpa bunga nol persen. Batasan maksimalnya hingga Rp10 juta..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]