Jangan Anggap Remeh 5 Tanda Berikut, Bisa Jadi Kolesterol Anda sedang Tinggi


Selasa, 11 Agustus 2020 - 21:12:34 WIB
Jangan Anggap Remeh 5 Tanda Berikut, Bisa Jadi Kolesterol Anda sedang Tinggi Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Gaya hidup tidak sehat dapat jadi pemicu tingginya kolesterol. Dan kolesterol tinggi memang bisa memicu penyakit berbahaya. Meski begitu, bukan berarti kita bisa benar-benar terbebas dari kolesterol, pasalnya 80 persen kolesterol yang ada di tubuh kita berasal dari hati.

Oleh karena itu, jika dibarengi dengan gaya hidup yang tidak sehat bukan tidak mungkin kolesterol kita akan meningkat. Sebut saja makanan gorengan yang banyak mengandung lemak jenuh. Lantas, apa tanda-tanda jika kolesterol kita tengah meningkat? Melansir Healthline, berikut uraiannya.

Dada terasa nyeri

Ketika kadar kolesterol tinggi, hal ini bisa menyebabkan penumpukan lemak di dalam arteri. Kondisi ini sering membuat aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Nyeri pada dada sering berhubungan dengan kondisi ini.

Namun nyeri dada biasanya sering diabaikan karena dianggap sebagai rasa kelelahan. Nyeri bisa memicu aliran darah yang tidak lancar dan bisa menjadi indikasi munculnya gejala penyakit jantung.

Kaki dan tangan jadi gampang sakit

Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi juga bisa mengalami rasa sakit pada bagian tangan dan kaki. Rasa sakit ini, bisa saja dialami dengan rasa nyeri, ngilu atau bahkan kondisi tidak nyaman ketika digunakan untuk mengangkat benda berat atau bahkan bergerak sekalipun.

Biasanya, lansia juga sering merasa panas dan kesemutan pada kaki dan tangan sehingga mempengaruhi fungsinya. Hal ini menjadi pertanda bahwa kolesterol sudah menyebabkan aliran darah pada bagian kaki dan tangan menjadi tidak lancar.

Jadi sulit bernapas

Ciri-ciri kolesterol tinggi juga bisa ditandai dengan sulitnya bernapas. Ini terjadi akibat penumpukan kolesterol yang terlanjur menjadi-jadi pada dinding pembuluh darah paru. Jantung sudah tidak bisa memompa darah dengan baik ke paru, sehingga tubuh mengalami kekurangan oksigen.

Gampang capek

Tubuh yang sangat lelah bisa terjadi pada semua orang yang mengalami gangguan kolesterol tinggi. Masalah utamanya, adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah kadar oksigen yang cukup.

Lalu, berbagai organ tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras, sementara jantung dan pembuluh darah sedang bermasalah. Tak jarang akhirnya tubuh yang mudah lelah dan tidak bersemangat sering dialami oleh orang yang mengalami tinggi kolesterol.

Otot tubuh mudah lelah

Penderita hipertensi yang mengalami kolesterol tinggi juga bisa mengalami otot kaki yang sangat lemah, lho. Meskipun kondisi ini juga bisa terjadi pada semua orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Hal ini terjadi ketika arteri tidak mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga otot kaki menjadi sangat lemah.

Tapi, jika ingin lebih pasti maka kita bisa melakukan diagnosis dengan tes darah yang disebut panel lipid. Dokter akan mengambil sampel darah dan mengirimkannya ke laboratorium untuk dianalisis.

Selain itu, Dokter juga akan meminta Anda untuk tidak makan atau minum apapun setidaknya selama 12 jam sebelum tes. Berikut adalah jumlah kadar kolesterol yang dianggap normal oleh CDC:

• Kolesterol LDL: kurang dari 100 mg/dL

• Kolesterol HDL: 60 mg/dL atau lebih tinggi

• Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL

Kolesterol total Anda umumnya dianggap “tinggi” jika di atas 240 mg/dL.

Kolesterol LDL Anda umumnya dianggap “tinggi” jika di atas 160 mg/dL.

Kolesterol HDL Anda umumnya dianggap “buruk atau terlalu rendah” jika di bawah 40 mg/dL.

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 September 2020 - 07:09:32 WIB

    Jangan Malas Makan Bawang Merah, Banyak Manfaat Tak Terduga Lho

    Jangan Malas Makan Bawang Merah, Banyak Manfaat Tak Terduga Lho HARIANHALUAN.COM - Bawang merah merupakan salah satu jenis bawang yang sering digunakan sebagai bumbu pada masakan. Tak hanya itu, bawang merang juga diolah ke dalam bentuk yang lain seperti bawang goreng, acar, atau pelengka.
  • Rabu, 09 September 2020 - 19:15:52 WIB

    PDPI: Covid-19 Itu Nyata, Masyarakat Jangan Anggap Remeh

    PDPI: Covid-19 Itu Nyata, Masyarakat Jangan Anggap Remeh HARIANHALUAN.COM - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) ikut menyoroti perkembangan kasus virus Corona atau Covid-19 yang semakin meningkat. PDPI menilai, masyarakat tak boleh menganggap remeh kasus Covid-19..
  • Ahad, 30 Agustus 2020 - 06:23:11 WIB

    Jangan Menunggu Haus, Ini Saat yang Tepat untuk Minum

    Jangan Menunggu Haus, Ini Saat yang Tepat untuk Minum HARIANHALUAN.COM - Ada waktu-waktu tertentu yang disarankan untuk meminum air. Dokter Ahmad Aulia Ghufron mengingatkan agar tak menunggu kondisi haus untuk sekadar minum air..
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 11:58:12 WIB

    Jangan Salah Lagi, Begini Cara Melepas Masker yang Benar

    Jangan Salah Lagi, Begini Cara Melepas Masker yang Benar HARIANHALUAN.COM - Duke University School of Medicine memberikan cara menyimpan masker saat dibutuhkan dan memastikannya tetap steril. Kenapa ini penting, karena banyak yang melepas masker asal-asalan..
  • Ahad, 23 Agustus 2020 - 20:08:30 WIB

    Jangan Salah Pilih, Skincare Ini Cocok untuk Remaja

    Jangan Salah Pilih, Skincare Ini Cocok untuk Remaja HARIANHALUAN.COM - Para remaja biasanya berhati-hati dalam memilih skincare karena takut bahan-bahan kimia dan bisa merusak kulit yang memasuki masa peralihan. Padahal masih banyak skincare yang kandungannya aman untuk ibu da.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]