Infrastruktur Jalan Jadi Prioritas Utama Majukan Nagari Garabakdata


Selasa, 11 Agustus 2020 - 21:57:56 WIB
Infrastruktur Jalan Jadi Prioritas Utama Majukan Nagari Garabakdata Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Untuk memajukan Nagari Garabakdata salah satu nagari tertinggal di Kabulaten Solok pembangunan infrastruktur jalan menjadi hal yang utama membuka ruang akses transportasi dan akses ekonomi lainnya.

Ini menjadi perhatian Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit bagaimana memajukan daerah terpencil dan daerah - daerah tertinggal. Kemudian bagaimana pelayanan dasar maksimal dilakukan, pendidikan, kesehatan akses pengembangan ekonomi masyarakat.

Hal ini diungkapkan dalam kunjungan kerja pemprov Sumbar bersama Nasrul Abit, Kepala Biro Kerjasama Pembangunan dan Rantau, Drs. Luhur Budianda SY, M.Si, Kepala Biro Pemerintahan Sumbar Drs. Iqbal Ramadi Payana M.Si beserta rombongan mengunjungi daerah terisolir di Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (11/8/2020).

Dam kali ini Nasrul Abit dan rombongan menjadikan target kunjungan Nagari Garabak Data Kabupaten Solok. Namun sebelum menuju ke lokasi Wagub Sumbar bersama rombongan sengaja mampir di Puskesmas Kecamatan Hiliran Gumanti.

Di Lembah Gumanti Wagub Sumbar Nasrul Abit tidak hanya sekadar berdialog dengan warga melainkan juga memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) berupa, 10 pasang sepatu boot, 40 pakaian azmat, 13 kotak sarung tangan latex, 10 pcs masker N95, 15 kotak masker bedah (isi 50 pcs),15 buah google mask, 5 buah face shield, 40 botol handsanitizer, 7 buah thermogun dan 20 karung beras 5 kg.

"Pemberian bantuan ini adalah bagian dari kepedulian untuk masyarakat. Saya harap bantuan, bisa meringankan kebutuhan Puskesmas, terkait adanya wabah virus Corona (Covid-19)," ucap Nasrul Abit.

Wagub Sumbar mengimbau masyarakat untuk turut berperan aktif mengikuti seruan Pemerintah dalam memitigasi penyebaran COVID-19, baik melalui social/physical distancing.

Selain itu Wagub Sumbar mengatakan, akan mengunjungi daerah terpencil Nagari Garabak Data yang dikelilingi oleh perbukitan. Jalan yang dipenuhi lubang dalam dan bergelombang serta tanjakan panjang dan penurunan curam harus ditempuh oleh rombongan tersebut dengan menempuh perjalanan lebih kurang tiga jam.

Sangat jelas sekali, perjalanan menggunakan kendaraan khusus (4x4) sangat sulit ditempuh. Bahkan kendaraan rombongan sering kandas dikubangan lumpur.

"Ini jangan dilihat dengan kesulitan jalannya, tapi bagaimana kita harus pikirkan mewujudkan masyarakat dengan menjadikan masyarakat sejahtera. Berkunjung ke Garabak Data dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di sana," kata Nasrul Abit.

Selanjutnya Camat Hiliran Gumanti, Romi Hendrawan, S.Sos, M.Si mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kunjungan Kerja di wilayahnya.

"Atas nama masyarakat Hiliran Gumanti, saya mengucapkan terima kasih tak terhingga terkhusus kepada Bapak Wagub Sumbar dan seluruh jajaran pemerintah provinsi yang telah berkunjung," ungkapnya.

Camat Romi Hendrawan berharap dalam kunjungan itu, pemprov Sumbar bisa memberikan solusi terhadap pembangunan infrastuktur jalan menuju daerah Garabak Data.

"Karena daerah itu rusak parah dan sangat dinanti oleh masyarakat perbaikannya. Banyak keluarga kami terjebak disana. Jalan tersebut sangat strategis dilalui masyarakat antar kecamatan, untuk mengangkut hasil tani dan akses ekonomi lainnya," harapnya.

Usai mendengarkan aspirasi masyarakat Garabakdata, Wagub Sumbar berjanji akan membicarakan pihak-pihak terkait, termasuk ditingkat pusat. (*/Hms-Sumbar)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 19:32:16 WIB

    Berhasil Majukan Infrastruktur Nagari, Mulyadi Ingin Pembangunan Sumbar Terwujud Merata

    Berhasil Majukan Infrastruktur Nagari, Mulyadi Ingin Pembangunan Sumbar Terwujud Merata HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Dapil Sumbar II Mulyadi dikenal sebagai wakil rakyat yang getol memperjuangkan pembangunan bagi masyarakat Sumbar. Menurut Mulyadi masyarakat berhak mendapatkan pembangunan dan memanfaatkanny.
  • Rabu, 09 Oktober 2019 - 13:07:12 WIB

    Infrastruktur Lima Kecamatan di Pasaman Masih Tertinggal

    Infrastruktur Lima Kecamatan di Pasaman Masih Tertinggal PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - 8 Oktober 2019 kemarin, Kabupaten Pasaman genap berusia 74 tahun. Usia yang sangat matang bagi sebuah daerah dalam perkembangan pembangunannya..
  • Rabu, 03 Juli 2019 - 15:32:36 WIB

    Infrastruktur di Dharmasraya Merambah Hingga ke Nagari

    Infrastruktur di Dharmasraya Merambah Hingga ke Nagari DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang saat ini sangat mendukung pertumbuhan ekonomi perdesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema Padat Karya Tunai. .
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 12:29:05 WIB

    Batu Hampar Selatan Fokus Pembangunan Infrastruktur Nagari

    Batu Hampar Selatan Fokus Pembangunan Infrastruktur Nagari PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kenagarian Batu Hampar Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan, saat ini tengah giat melakukan pembangunan insfrasruktur, seperti jalan usaha tani, jaringan irigasi, pembangunan dranase (tali bandar) dan.
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 15:59:00 WIB

    Wako Payakumbuh dan PUPR Sidak Infrastruktur

    Wako Payakumbuh dan PUPR Sidak Infrastruktur PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Untuk memastikan pembangunan infrastruktur berjalan dengan baik, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi sidak kondisi infrastruktur di Kota Payakumbuh, Senin (20/5). Turut mendampingi Kepala Dinas Pe.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]