Perguruan Thawalib Padang Panjang Gelar Kuliah Akbar


Rabu, 12 Agustus 2020 - 11:03:33 WIB
Perguruan Thawalib Padang Panjang Gelar Kuliah Akbar Perguruan Thawalib Padang Panjang mengadakan kuliah akbar untuk seluruh santri putra

HARIANHALUAN.COM -- Perguruan Thawalib Padang Panjang mengadakan kuliah akbar untuk seluruh santri putra, Rabu pagi di aula Dr Abdul Karim Amarullah, Kompleks Perguruan Thawalib dengan pembicara utama Buya Dr H. Zulkarnaini, MAg (Pimpinan Perguruan Thawalib).

Acara kuliah akbar tersebut merupakan kegiatan awal sebelum dilaksanakan proses belajar mengajar secara tatap muka untuk seluruh santri.
Ketua Yayasan Thawalib H. Ali Usman Syuib dalam sambutannya mengatakan, acara kuliah akbar dilaksanakan selain wahana pengetahuan bagi seluruh santri, juga sebagai ajang untuk mengenal langsung para tenaga pendidik yakni para ustad ustad yang akan mengajar.

"Sebelum dimulai belajar secara tatap muka, maka santri diperkenalkan dengan seluruh majelis guru yang akan mengajar mereka pada tahun ajaran 2020/2021," ujar Ali Usman.

Selain memperkenalkan para majelis guru, dalam kesempatan kuliah akbar para santri juga diinformasikan tentang mata pelajaran yang akan mereka terima sebagai santri. "Para santri terutama santri baru diberitahukan mata pelajaran Thawalib yang diajarkan kepada mereka, sehingga santri sebelum belajar sudah tahu buku atau kitab kitab apa saja yang diajarkan nanti," jelas Ali Usman.

Menjelang PBM

Untuk tahun ajaran 2020/2021, Perguruan Thawalib membuat kegiatan baru sebelum dimulainya belajar tatap muka yakni kuliah akbar. Acara ilmiah ini sengaja dilakukan sebagai wahana pendidikan bagi seluruh santri.

"Pengurus Yayasan Thawalib membuat disain pendidikan dengan perubahan baru seperti diadakannya kuliah akbar untuk santri sebelum belajar di kelas," kata Irwan Natsir, Sekretaris Umum Yayasan Thawalib.

Menurut dia, kegiatan ini menjadi agenda yang telah ditetapkan dan harus diikuti oleh seluruh santri dan majelis guru. "Jadi sebelum belajar di ruangan kelas secara tatap muka, para santri mengawali dengan kuliah akbar," kata Irwan Natsir.

Sementara, Buya Zulkarnaini selalu Pimpinan Perguruan Thawalib menyambut baik gagasan dilaksanakannya kuliah akbar. "Tradisi kuliah akbar biasanya di perguruan tinggi dalam bentuk studium general. Namun bagi santri Thawalib yang tingkat pendidikan Tsanawiyah dan Aliyah sudah diperkenalkan dengan kuliah akbar. Ini langkah yang bagus," ujarnya.

Buya Zulkarnaini sebagai Pimpinan Perguruan Thawalib, menjadi pembicara utama dalam kuliah akbar tersebut. Ia memberikan berbagai pandangan tentang pentingnya pendidikan di Perguruan Thawalib, serta memberikan motivasi agar seluruh santri untuk bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu agama.

Acara kuliah akbar Perguruan Thawalib melibatkan para santri dalam pelaksana kegiatan tersebut. Belajar tatap muka untuk seluruh santri Thawalib akan mulai pada Sabtu 15 Agustus 2020. (*)

loading...
 Sumber : relis /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 September 2020 - 17:01:12 WIB

    Impian Pemkab Pessel Dirikan Kampus Perguruan Tinggi Terwujud

    Impian Pemkab Pessel Dirikan Kampus Perguruan Tinggi Terwujud HARIANHALUAN.COM - Universitas Negeri Padang (UNP) akan membuka kampus di Sago Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Kepastian pengembangan kampus UNP di Pessel tersebut, ditandai dengan penandatangan kesepa.
  • Rabu, 09 September 2020 - 11:40:38 WIB

    Perguruan Thawalib Kerjasama Bimbingan Studi Timur Tengah

    Perguruan Thawalib Kerjasama Bimbingan Studi Timur Tengah HARIANHALUAN.COM - Perguruan Thawalib Padang Panjang mengadakan kerjasama Bimbingan Studi Timur Tengah dengan Ruwaq. Id. Kerjasama tersebut untuk santri Kuliyatul Ulum El Islamiyah yang berkeinginan mengikuti tes masuk ke be.
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 20:24:21 WIB

    Unand Peringkat 13 Perguruan Tinggi Terbaik se Indonesia, UNP dan UBH Urutan 60 dan 83

    Unand Peringkat 13 Perguruan Tinggi Terbaik se Indonesia,  UNP dan UBH Urutan 60 dan 83 HARIANHALUAN.COM -- Universitas Andalas berhasil masuk klaster 1 perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan urutan 13 atau berhasil masuk 20 Top PT Terbaik di Indonesia. Sementara Universitas Negeri Padang (UNP)  ternyata .
  • Senin, 17 Agustus 2020 - 17:15:50 WIB

    Perguruan Tinggi Terbaik 2020, IPB University Raih Peringkat Pertama

    Perguruan Tinggi Terbaik  2020, IPB University Raih Peringkat Pertama HARIANHALUAN.COM- Berdasarkan pemeringkatan klusterisasi perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,  IPB University meraih peringkat pertama sebagai perguruan tinggi terbaik tahun 2020..
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 09:39:06 WIB

    50 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia, Kampus Kamu Ada?

    50 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia, Kampus Kamu Ada? HARIANHALUAN.COM - Lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol, Webometrics merilis peringkat universitas terbaik di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tahun ini, Universitas Indonesia (UI) bertengger diurutan pertama s.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]