KPU Sumbar Gelar Perlombaan Jelang Pilkada Saat Ada Larangan Pemko Padang?


Rabu, 12 Agustus 2020 - 17:03:24 WIB
KPU Sumbar Gelar Perlombaan Jelang Pilkada Saat Ada Larangan Pemko Padang? KPU Sumbar meluncurkan berbagai lomba untuk memeriahkan Pilkada Desember mendatang.

HARIANHALUAN.COM - Dalam menyemarakkan pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menyediakan enam jenis perlombaan yang dapat diikuti oleh masyarakat. Informasi tersebut disampaikan ketika acara launching lomba dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang diadakan di Pangeran Hotel, Rabu (12/8/2020).

Terdapat enam jenis perlombaan, diantaranya lomba mural, lomba film pendek, lomba pameran foto, lomba menulis, lomba cover jingle dan tiktok challange. Dalam waktu dekat, KPU Sumbar akan melaksanakan lomba mural, perlombaan tersebut akan dilaksanakan di Jalan Abdur Rivai dekat Lubang Jepang, Kota Bukittinggi. 

Perlombaan dilaksanakan selama dua hari dengan tujuan untuk menghindari kerumunan. Ketentuan lomba tersebut, dengan nomor peserta ganjil di hari pertama dan nomor peserta genap di hari kedua. Salah satu jenis perlombaan yakni tiktok challage akan langsung dinilai oleh selegram minang atau founder MinangLipp, Rico Saptahadi. 

Dia mengatakan jika musik yang digunakan nantinya memakai remix jingle KPU Sumbar. "Aplikasi tiktok kan terdapat sisi negatif dan positifnya, nah kita melihat perlombaan ini dari sisi positifnya dengan tujuan mengajak warga Sumbar untuk memilih," kata Rico.

Lanjut Rico, terdapat beberapa kreteria yang dinilai, diantaranya, terniat, terheboh, terkreatif dan jumlah viewers, namun jumlah viewers tidak menjadi penilaian utama. Ia juga menambahkan bahwa dalam perlombaan tik tok, tidak hanya dance dan joget-joget melainkan ada pesan moral dan edukasi di dalamnya.

Rico berharap, melalui perlombaan tik tok ini dapat menkampanyekan kepada kawula muda yang biasanya tidak terlalu peduli dalam pastisipasi Pemilu. "Di Tiktok ada juga tips, edukatif, parodi yang dapat berguna bagi orang lain, seperti bagaimana datang ke TPS, itu sederhana dan receh tapi bermanfaat bagi orang lain," tambahnya.

Sementara, salah seorang juri lomba film pendek, Devid Kurnia Alamsyah mengatakan jika film pendek tidak kalah seru dari lomba tiktok. Namun, kata dia, pada perlombaan film pendek akan lebih tertata dan serius dengan di dukung tujuh tema yang disiapkan. "Untuk syarat dan temanya nanti akan kita respost di Instagram resmi KPU Sumbar," kata Devid

Juri film pendek lain, Yudi mengajak bagi para calon peserta lomba untuk mengeksplor potensi yang ada di Sumbar dan dijadikan dalam sebuah karya atau film pendek. "Daerah kita memiliki potensi besar yang bisa dimanfaatkan, harus kita manfaatkan, jangan biarkan orang lain yang memanfaatkan lebih dulu," tutupnya. 

Sementara itu, Pemko Padang melarang warga setempat melakukan perayaan dan perlombaan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Larangan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor: 200/463/KESBANGPOL/2020 tentang Partisipasi Menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia 2020.

Surat edaran tersebut menindaklanjuti surat Menteri Sekretaris Negara Republilk Indonesia Nomor 13-457/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06, tanggal 23 Juni 2020, perihal Partisipasi Menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemederkaan Republik Indonesia Tahun 2020. "Larangan untuk mengadakan kegiatan lomba dalam arti kata untuk medatangkan orang banyak (kerumunan)," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]