PT Taspen dan KPKNL Bukittinggi Teken Perjanjian Kerja Sama


Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:05:03 WIB
PT Taspen dan KPKNL Bukittinggi Teken Perjanjian Kerja Sama Kepala PT Taspen Cabang Bukittinggi Hari Kusuma Yuda Perwira, dan Kepala KPKNL Bukittinggi Hermawan, usai melakukan penandatanganan PKS.

HARIANHALUAN.COM - PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Bukittinggi dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi, melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang program penyelenggaraan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Penandatanganan PKS tersebut dilakukan oleh Kepala PT Taspen Cabang Bukittinggi, Hari Kusuma Yuda Perwira, dan Kepala KPKNL Bukittinggi, Hermawan di kantor KPKNL Bukittinggi.

Kepala Cabang Kantor Taspen Kota Bukittinggi, Hari Kusuma Yuda Perwira mengatakan, PKS yang ditandatangani itu sebagai bentuk kesepakatan antara PT Taspen dan Kantor KPKNL, dalam  program JKK dan JKM untuk 15 orang karyawan dan pegawai honor di lingkungan KPKNL.

Dengan adanya  penandatangan PKS program JKK dan JKM, setidaknya pegawai dan karyawan honor di lingkungan instansi vertikal Kementerian Keuangan itu, akan merasa terjamin jaminan sosialnya, dan manfaatnya juga akan dapat dirasakan nantinya.

“Semoga dengan adanya perjanjian kerjasama ini, karyawan dan pegawai honorer di lingkungan KPKN  merasa nyaman dalam bekerja, karena ada jaminan perlindungan dalam bekerja,” kata Yuda, Rabu, 12 Agustus 2020.

Menurut Yuda, penandatanganan PKS yang dilakukan itu merupakan bentuk nyata dari PT Taspen hadir di tengah-tengah masyarakat, dalam rangka memberikan perlindungan dan kenyamanan dalam bekerja, yang dirasakan oleh seluruh pegawai dan karyawan honorer, baik itu di lingkungan pemerintahan maupun instansi vertikal.

“Dengan telah dilakukannya penandatangan PKS bersama KPKNL, maka PT Taspen memberikan jaminan dan perlindungan penuh untuk program JKK dan JKM bagi karyawan KPKNL Bukittinggi,” ujar Yuda.

PT Taspen, terang Yuda, adalah lembaga penyelenggara pengelolaan jaminan sosial, berupa Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) untuk kepersertaan yang bekerja pada penyelenggara negara. 

Dalam hal ini, kepesertaannya adalah ASN dan karyawan/pegawai honor yang berada di dalam pemerintahan penyelenggaraan negara, baik itu dalam jajaran pemerintahan daerah maupun di lingkungan instansi vertikal.

Program JKK dan JKM yang diselenggarakan PT Taspen, diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 70 tahun 2015, tentang  JKK dan JKM bagi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), dan PP Nomor 66 tahun 2017 tentang perubahan atas PP Nomor 70 tahun 2015, serta  PP Nomor 49 tahun 2018 tentang manajemen pegawai pemerintah.

“Dalam PP tersebut diatur jaminan sosial untuk ASN dan pegawai honor penyelenggaran negara dikelola oleh PT Taspen. Sedangkan program JKK dan JKM di lingkungan TNI dan Polri dikelola oleh  PT ASABRI,” tukas Yuda.

Asisten Manajer Umum dan SDM PT Taspen, Murah Sulistiyono menambahkan, penandatanganan PKS antara PT Taspen dengan Kantor KPKNL Bukittinggi dilakukan pada Selasa 11 Agustus 2020. Sebagai BUMN yang mengelola program jaminan sosial, PT Taspen terus berkomitmen memberikan layanan terbaiknya dengan 4 program perlindungan,  yaitu program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Tabungan Hari Tua (THT) dan Pensiun.

“Taspen juga memberikan perlindungan kepada para pegawai Non-ASN yang bekerja pada instansi pemerintah dan instansi vertikal, sesuai dengan PP 49 Tahun 2018,” ujar Murah Sulistiyono. (*)
 

Reporter : Gatot /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]