Bermitra dengan KMDM, Mahasiswa IPB Laksanakan KKNT di Lubuk Minturun Sungai Lareh


Rabu, 12 Agustus 2020 - 21:35:06 WIB
Bermitra dengan KMDM, Mahasiswa IPB Laksanakan KKNT di Lubuk Minturun Sungai Lareh Mahasiswa IPB bermitra dengan  KMDM. (Ist)

HARIANHALUAN.COM-Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) tahun 2020 di tengah pandemi tidak menjadi hambatan bagi sivitas akademika  Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Salah satu kelompok yang turut serta melaksanakan KKNT periode Juli- Agustus adalah Kelompok Padang Kota 05 di bawah bimbingan Dr.Ir. Budi Nugroho M,Sc. KKNT dilaksanakan di wilayah Jalan Medan Nan Bapaneh, RW 05,  Kelurahan Lubuk Minturun Sungai Lareh, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. 
    
Wilayah tersebut menjadi tempat pelaksanaan kegiatan KKNT karena  berpotensi di sektor pertanian dan pemahaman masyarakat mengenai pandemi Covid-19 serta pemenuhan kebutuhan masyarakat masih perlu ditingkatkan, selain itu wilayah ini juga cukup dekat dengan lokasi tempat tinggal mahasiswa anggota kelompok. Kelompok Padang Kota 05 memiliki anggota yang berasal dari berbagi Fakultas di Universitas IPB, dari Fakultas Pertanian/ Faperta, Fakultas Perikanan dan Kelautan/FPIK, Fakultas Peternakan/ Fapet, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/ FMIPA, serta Fakultas Ekologi Manusia/ Fema. 

Kelompok ini diketuai oleh Salsabila Nafri dan beranggotakan Suci Amalia, Afika Putri Dzakianda, Dinda Fathia S, Hafizhatul Husna, Fanny Rahmasari Daeli, Kurnia Pratiwi Agusti, Getar Tahta Alaya, Arival Al-Fajar, dan Hetty Novita Agus. 

 KKNT Kelompok Padang Kota 05 bermitra dengan Koperasi Mandiri dan Merdeka (KMDM) dengan Virtuous Setyaka sebagai koordinator umum. 

"KMDM sendiri merupakan koperasi yang bertujuan untuk menginisiasi petani, peternak dan produsen di sekitar Kampus Universitas Andalas (Unand) sekaligus membantu para konsumen terutama para dosen dan tenaga kependidikan di Unand dengan mengativasi penciptaan pasar baru bagi semua produk yang dibutuhkan bersama," jelas Virtuous Setyaka, Rabu (12/8/2020). . 

Pemasaran oleh KMDM dilakukan secara online sehingga membantu upaya pemutusan rantai penyebaran virus corona sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. 

"Tujuan Kelompok Padang Kota 05 bermitra dengan KMDM adalah supaya masyarakat petani di wilayah Lubuk Minturun dapat memasarkan hasil pertanian mereka melalui Pasar Rabu Tani yang merupakan salah satu program dari KMDM tersebut," ulasnya.
 

Program kerja yang akan dilaksanakan selama periode KKN berlangsung diantaranya; Antisipasi Covid Desa (ANCOVA), Aquaponik Desa (AQUADES), Drawing Covid Ulala (DRACULA), Kompos Organik (KOMIK), dan Koperasi Pertanian Organik (KOPER).

"Kegiatan dilaksanakan secara daring dan terjun langsung ke masyarakat dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan Covid-19.," pungkasnya. (*)

loading...
Reporter : punk /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]