Sampaikan 17 Tuntutan, Masyarakat Inderapura Dimediasi Lagi dengan PT Incasi Raya


Rabu, 12 Agustus 2020 - 21:36:41 WIB
Sampaikan 17 Tuntutan, Masyarakat Inderapura Dimediasi Lagi dengan PT Incasi Raya Kapolres Pessel AKBP Cepi Noval SIK memfasilitasi pertemuan warga Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, Pesisir Selatan dengan PT Incasi Raya Group.

HARIANHALUAN.COM - Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval SIK memfasilitasi pertemuan sejumlah perwakilan masyarakat, ninik mamak, mahasiswa dan tokoh masyarakat Inderapura dengan PT. Incasi Raya Group, terkait 17 item tuntutan masyarakat, di aula pertemuan Mapolres Pessel, Rabu (12/8).

Pertemuan tersebut dihadiri kuasa hukum dari masyarakat Efson,Cs serta pihak dari PT. Incasi Raya Group, hadir pula Asisten I Setdakab Pessel Muskamal, Kesbangpol, Kasat Pol PP, BPN, Kehutanan dan juga dari Kejari Pessel, serta Kodim 0311 Pessel.

Di hadapan Kapolres Pessel serta perwakilan PT Incasi Raya Group, dan Asisten I Setdakab Pessel Muskamal, beberapa orang perwakilan warga, ninik mamak dan mahasiswa serta kuasa hukum Efson, Cs meyampaikan 17 item tuntutannya.

Ke 17 item tuntutan masyarakat tersebut antara lain realisasi sejumlah janji PT Incasi Raya Group, seperti HGU PT. Incasi Raya Group, BPJS bagi pekerja, kesejahteraan pegawai, penetapan harga TBS (sawit) dan lainnya. 

PT Incasi Raya Group diharapkan bisa membuktikan secara tertutuis, dan bisa terbuka dan transparan.

Jika mediasi ini tidak ada titik temu, kata Erwin, masyarakat bersama Efson Cs siap membawa ke proses selanjutnya, bahkan siap menggelar aksi damai di kantor DPRD Pessel dan ke Jakarta.

Kapolres Pessel AKBP Cepi Noval mengatakan mediasi ini bertujuan mencarikan solusi, jawaban dan penyelesaian masalah terjadi antara antara warga Inderapura dengan pihak PT Incasi Raya Group. "Pada aksi damai yang dilakukan warga Inderapura dulu, belum mendapatkan jawaban dari pihak perusahaan," tegas Cepi Noval. 

Wakil Ketua Komisi II DPRD Pessel Aljufri bersama beberapa orang anggota DPRD Pessel dapil 5 lainnya, siap mendorong untuk secepatnya menjadwalkan hearing bersama dinas terkait. "Kita mintak antara kedua pihak saling terbuka, tidak ada yang ditutupi, setiap regulasi harus diikuti dengan benar," harap Aljufri. 

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, melalui Asisten I Setdakab Pessel Muskamal menambahkan, eksekutif dan legislatif akan berjuang bersama, mencari jalan keluar solusi yang bijaksana dan adil, antara masyarakat Inderapura dan pihak PT Incasi Raya Group. 

"Pemkab Pessel tidak memihak siapa-siapa, baik itu masyarakat atau perusahaan. Kita berharap kedua pihak bisa menyelesaikan ini dengan baik," ujar Muskamal. (*)

loading...
Reporter : M. Joni /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]com