Balon Wagub Sumbar Audi Joinaldy: Harapan Masyarakat Maligi Searah dengan Program Kami


Rabu, 12 Agustus 2020 - 23:31:13 WIB
Balon Wagub Sumbar Audi Joinaldy: Harapan Masyarakat Maligi Searah dengan Program Kami Bakal calon Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi foto bersama dengan masyarakat Maligi, Pasbar.

HARIANHALUAN.COM - Berada di garis pantai dan memiliki lahan yang luas, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berpotensi sebagai daerah mandiri pangan untuk menopang perekonomian Sumatera Barat. Pengembangan potensi tersebut perlu perencanaan dan menggandeng pemerintah pusat.

Bakal calon Wakil Gubernur Sumbar, Audi Joinaldy melihat potensi tersebut saat mengunjungi kawasan pesisir Pasbar di Maligi, Nagari Sasak, Kecamatan Ranah Pasisia, Rabu (12/8/2020).

"Potensi kelautan dan pertanian Pasbar sangat besar dan bisa menjadi daerah swasembada pangan kalau dikelola dengan baik," ujarnya.

Audy menambahkan, Pasbar saat ini sudah menjadi penghasil jagung terbesar di Sumbar. Ke depan, ia merencanakan melakukan sejumlah program agar Pasbar dan Sumbar dapat menjadi penyuplai jagung secara nasional. Namun semua itu tentunya harus bekerja sama dengan masyarakat atau kelompok tani.

"Lebih 50 persen penunjang perekonomian Sumbar berasal dari sektor pertanian dan kelautan sehingga itu perlu dikelola dengan baik," pungkasnya.

Audy juga merencanakan metode pertanian palawija moderen agar hasil lebih produktif di tengah semakin menyempitnya lahan. Tanaman hortikultura dan potensi kelautan diyakini mampu menjadi faktor penunjang perekonomian masyarakat dan mengurangi ketergantungan dari luar.

"Apa yang dipikirkan masyarakat Maligi, searah dengan program kerja kami bersama Buya Mahyeldi," ucapnya.

Sementara itu warga masyarakat Maligi, Iwen Siganda meminta Mahyeldi-Audy Joinaldy juga bisa memperjuangkan ekonomi masyarakat pesisir secara menyeluruh. Keberadaan kelompok nelayan harus menjadi prioritas dalam program kerja dan pembangunan, sehingga masyarakat pesisir dapat lebih sejahtera dan mendapatkan pelayanan kebutuhan dasar setara dengan masyarakat lainnya.

"Kami butuh alat tangkap, perahu dan akses jalan. Besar harapan kami nantinya bapak bersama buya Mahyeldi bisa melobi pusat seandainya diamanahkan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar," harapnya.(*)

loading...
Reporter : M. Fadli /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]