Komisioner KPU Sumbar Sebut Pastisipasi Pemilih Turun pada 3 Periode Pemilu


Rabu, 12 Agustus 2020 - 23:57:01 WIB
Komisioner KPU Sumbar Sebut Pastisipasi Pemilih Turun pada 3 Periode Pemilu Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Komisioner KPU Sumbar, Gebril Daulay mengungkapkan bahwa partisipasi pemilih dalam tiga periode Pemilihan Umum (Pemilu) terakhir cenderung mengalami penurunan.

Lanjut Gebril, di tahun 2005 partisipasi pemilih sebesar 64,26 persen, lalu di tahun 2010 turun menjadi 63,62 persen. Lebih parahnya di tahun 2015 kemaren turun lagi menjadi 59,58 persen. Sementara di tahun ini, KPU Sumbar memiliki target sebesar 77,5 persen.

"Kita mesti berusaha keras bagaimana nantinya meningkatkan partisipasi pemilih agar lebih peduli sehingga mencapai target yang diharapkan," katanya, Rabu (12/8/2020).

Untuk mendukung perencanaan tersebut, kata dia, diperlukan strategi yang tepat dengan cara menggait berbagai komunitas yang energik dan mempunyai kemampuan penyebaran informasi yang baik, dengan cara membangun kolaborasi.

Kolaborasi ini dimaksudkan agar apa yang diharapkan di pemilu Desember mendatang bisa tercapai, mengajak kawula muda untuk berpastisipasi, karena setiap zaman mempunyai cara yang berbeda. "Itulah pentingnya kita menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas, agar penyebaran informasi ini lebih luas terutama di komunitasnya sendiri," tambahnya.

Selain perencanaan menggiring pemilih dalam berpastisipasi dalam pemilu, semua elemen juga harus mengingat bahwa saat ini sedang menghadapi situasi yang berbeda dari tahun sebelumnya. "Kita berada di masa pandemi Covid-19, tetap terapkan protap kesehatan, menghindari kerumunan dan mencegah perkumpulan masa yang terlalu banyak," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 17:18:29 WIB

    Ditemukan KTP Komisioner dalam Syarat Dukungan, Ini Tanggapan Paslon

    Ditemukan KTP Komisioner dalam Syarat Dukungan, Ini Tanggapan Paslon SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Bakal Calon (Balon) Bupati Solsel jalur perseorangan Jon Mathias mengaku belum mengetahui perihal ditemukan fotokopi KTP Komisioner KPU pada syarat dukungan paslon yang telah diserahkan piha.
  • Selasa, 18 Juni 2019 - 12:31:29 WIB

    5 Komisioner KPU Palembang Dikenai Pasal Pidana Pemilu

    5 Komisioner KPU Palembang Dikenai Pasal Pidana Pemilu PALEMBANG, HARIANHALUAN.COM - Polisi resmi menetapkan 5 orang komisioner KPU Kota Palembang sebagai tersangka. Polisi mengatakan 5 komisioner dijerat pasal pidana pemilu..
  • Senin, 17 Juni 2019 - 12:46:23 WIB

    Jadi Tersangka, 5 Komisioner Palembang Dipanggil KPU Pusat

    Jadi Tersangka, 5 Komisioner Palembang Dipanggil KPU Pusat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang bakal mendatangi kantor KPU RI, Senin (17/6). Aksi tersebut sebagai buntut ditetapkannya 5 komisioner KPU Palembang dalam tindak pida.
  • Kamis, 23 Maret 2017 - 10:00:59 WIB

    Komisioner KPU dari Parpol, Itu Langkah Mundur

    Komisioner KPU dari Parpol, Itu Langkah Mundur PADANG, HALUAN – Sejumlah pengamat mengkritisi wacana Panitia Khusus Rancangan Undangi-undang (RUU) pemilu DPR RI terkait keanggotaan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) berasal dari partai politik (Paprol). Mereka menil.
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 01:14:16 WIB
    KETUA KPU DAN PANWASLIH PAYAKUMBUH DICOPOT

    Komisioner KPU Bukittinggi Dipecat

    PADANG, HALUAN — Majelis Dewan Kehormatan Penyeleng­gara Pemilu (DKPP) akhirnya menjatuhkan sanksi pencopotan jabatan Ketua KPU dan Ketua Panwaslih Payakumbuh, pada sidang yang digelar Rabu (21/12). Sementara, Komisioner K.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]