Sekretaris KPM: Mahasiswa PNP Harus Patuhi Undang-undang


Kamis, 13 Agustus 2020 - 06:00:54 WIB
Sekretaris KPM: Mahasiswa PNP Harus Patuhi Undang-undang Dok PNP

HARIANHALUAN.COM - Mahasiswa D-3 Jurusan Manajemen Informatika di Politeknik Negeri Padang (PNP), Novelia Desrina menyatakan, setiap surat yang dikeluarkan Ormawa harus memiliki kop surat, cap Ormawa, dan tandatangan. Untuk pelanggaran terhadap ketentuan dimaksud, surat tersebut dinyatakan tidak sah.

"Agar statusnya menjadi sah, surat tersebut harus dibuat ulang," tegas Novelia, baru-baru ini.

Novelia meminta kepada seluruh peserta, teristimewa para sekretaris yang disebutnya sebagai “sekretaris-sekretaris terpilih” disarankan untuk mematuhi UU KM-PNP yang mengatur standar prosedur kesekretariatan Ormawa, termasuk dalam masalah surat-menyurat.
 
“Kita harus patuh pada UU, apa yang diundangkan, itu yang kita jalankan”, terang mantan Sekretaris KPM yang mengaku lumayan tahu dan paham tentang administrasi yang harus dijalankan dan diikuti dalam organisasi, semisal Ormawa PNP.

“Karena seluruh materi mengacu pada UU KM-PNP, peserta bisa melakukan check and recheck berdasarkan UU tersebut," ujarnya bersemangat.

Empat poin penting administrasi yang distandarkan yang dibahas Novelia dalam sosialisasi yang dipandu Dhini Aulia tersebut mencakup surat-menyurat, proposal kegiatan, dan Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan.

Di sisi lain, pembicara pertama, Dra. Fitri Adona, M.Si menilai, kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pembuat surat mencakup kesalahan dari sudut ejaan dan tata bahasa. Kesalahan sering ditemukan dalam penulisan di kepala surat, tanggal surat, nomor, lampiran, hal, dan isi surat. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]