Ingin Scan Foto Jadul dengan Kamera HP? Ikuti Langkah-langkahnya Yuk


Kamis, 13 Agustus 2020 - 06:39:26 WIB
Ingin Scan Foto Jadul dengan Kamera HP? Ikuti Langkah-langkahnya Yuk Foto: Unsplash

HARIANHALUAN.COM - Kenangan lama biasanya tersimpan dalam foto-foto yang diabadikan. Namun seringkali, foto-foto itu hadir dalam bentuk cetak dan sulit jika ingin menyimpannya di ponsel atau gadget lainnya. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, ingin rasanya menyimpan sesuatu yang berharga secara digital sehingga dapat dibuka kembali di masa yang akan datang. 

Seperti dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Kamis (13/8/2020), jika kamu punya banyak foto lama dalam bentuk cetak dan ingin mengubahnya ke bentuk digital agar lebih awet, beberapa aplikasi pemindai foto ini bisa membantu. Apa saja? Simak informasinya, ya!

1. Google PhotoScan

Aplikasi ini memberikan hasil pindaian yang bebas silau, pemotongan otomatis, dan smart rotation untuk menjaga gambar tetap lurus dan rata. Google PhotoScan bisa diunduh di Android dan iOS. Kamu dapat mengatur dengan mudah bagian mana dari foto yang ingin dipotong, menyesuaikan sudut, hingga menghapus gambar. 

2. Microsoft Office Lens

Aplikasi ini dirancang untuk memindai kertas dokumen, kartu nama, papan tulis, dan foto. Microsoft Office Lens ini tersedia untuk Android maupun iOS. Saat membuka aplikasi ini, kamu dapat langsung memindai foto dan mengatur flash sesuai yang diinginkan. 

Setelah selesai mengambil foto dan mengedit, kamu bisa menyimpannya di library kamera foto atau Microsoft OneDrive. Selain itu, dapat juga disimpan sebagai dokumen Microsoft Word atau Power Point. 

3. TurboScan

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memindai dokumen, kartu nama, kartu indeks, dan foto. Aplikasi ini tersedia dalam Android dan iOS dan gratis untuk tiga kali pemindaian. Untuk pemindaian yang tak terbatas, kamu dapat membeli aplikasi ini seharga US$4,99 sekitar Rp73.000. 

Fitur yang ditawarkan TurboScan beragam, mulai dari mengukur halaman, mengatur judul foto dan format foto (JPG atau PNG), dan dilengkapi dengan fitur flash yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Selain itu, kamu juga dapat mengambil foto secara otomatis tanpa menekan tombol kamera jika objek yang akan dipindai berada dalam posisi yang sejajar. 

Foto yang telah dipindai melalui TurboScan dapat langsung dibagikan ke layanan pesan atau menyimpannya di library ponsel. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]