Anies Perpanjang PSBB Transisi Fase I , Pakar Kesehatan: Tak Banyak Dampak, Kasus Positif Naik Terus


Kamis, 13 Agustus 2020 - 07:42:53 WIB
Anies Perpanjang PSBB Transisi Fase I , Pakar Kesehatan: Tak Banyak Dampak, Kasus Positif Naik Terus Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi fase I, tidak mempunyai banyak dampak signifikan dalam mengendalikan kasus Covid-19.

"Jadi saya sudah meneliti tentang hal ini. Memang dengan adanya PSBB transisi ini tidak banyak dampak ya, kasus naik terus, dan juga kedisiplinan masyarakat susah dikontrol karena semua aktivitas kehidupan dibuka," kata Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra, Kamis (13/8/2020) seperti dilansir Okezone.

Hermawan menyatakan, Pemprov DKI Jakarta tidak akan mampu mengontrol warga selama PSBB transisi fase I.

"Jadi sekuat-kuatnya pemerintah mengontrol, itu pasti ada juga yang terlewat, yang tidak mampu diawasi," terangnya.

Hermawan pun menyoroti kebijakan ganjil-genap saat PSBB transisi fase I itu. Menurut dia, kebijakan tersebut tidak tepat diterapkan lantaran warga akan beralih ke kendaraan umum yang berpotensi lebih besar dalam penyebaran corona.

"Tidak cocok. Itu hanya menambah risiko orang di angkutan publik. Orang yang tadinya menggunakan mobil, akhirnya terpaksa menggunakan kereta, MRT, atau bus itu malah menambah risiko," jelasnya.

Ia menambahkan, kebijakan ganjil-genap tidak tepat diterapkan saat PSBB transisi fase I. Sehingga, Pemprov DKI Jakarta harus lebih sensitif dalam menetapkan kebijakan selama pandemi Covid-19.

"Jadi saya pikir kebijakan ganjil genap tidak tepat kalau juga kaitannya dengan perpanjangan PSBB, dan lain-lain. Hal-hal inilah yang pemerintah harus konsisten dan sensitif pemerintah DKI," tandasnya. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 September 2020 - 20:03:48 WIB

    PSBB Total Diterapkan Anies, Pengusaha Bus AKAP Kena Imbas

    PSBB Total Diterapkan Anies, Pengusaha Bus AKAP Kena Imbas HARIANHALUAN.COM - Ternyata Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total yang kembali diberlakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai Senin kemarin ikut berimbas pada bisnis bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). .
  • Selasa, 15 September 2020 - 21:56:19 WIB

    Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat, Anies Putuskan Ambil Keputusan PSBB Diperketat

    Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat, Anies Putuskan Ambil Keputusan PSBB Diperketat HARIANHALUAN.COM - Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memberlakukan PSBB lanjutan menuai pro dan kontra. Keputusan tersebut berlaku mulai dari hari Senin (14/9) dengan diperketatnya aturan di berbagai sektor y.
  • Senin, 14 September 2020 - 06:22:50 WIB

    PSBB Ketat Jakarta, Anies: Kapasitas Kantor Maksimal 25%

    PSBB Ketat Jakarta, Anies: Kapasitas Kantor Maksimal 25% HARIANHALUAN.COM  - Mulai hari ini hingga dua pekan ke depan, PSBB ketat di DKI Jakarta mulai diberlakukan untuk meredam penyebaran virus Corona. Kapasitas karyawan dalam gedung perkantoran baik pemerintah maupun swasta diba.
  • Ahad, 13 September 2020 - 21:22:47 WIB

    Lho, Pengusaha Kok Tetap Happy Meski Anies Perketat PSBB?

    Lho, Pengusaha Kok Tetap Happy Meski Anies Perketat PSBB? HARIANHALUAN.COM - Kalangan pengusaha merespons positif pengumuman pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Minggu (13/9/2020). Hal itu tak lepas dari kenyat.
  • Ahad, 13 September 2020 - 14:52:40 WIB

    Jangan Adu Jokowi dan Anies, Fahri: Mereka Mudah Berobat, Rakyat Susah

    Jangan Adu Jokowi dan Anies, Fahri: Mereka Mudah Berobat, Rakyat Susah HARIANHALUAN.COM - Politisi Partai Gelora, Fahri Hamzah menilai bahwa masyarakat tak perlu mengadu domba Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurut Fahri, kedua pejabat publik tersebut sama-sama ten.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]