Jelang Pilkada 2020, Suhu Politik di Pasaman Barat Kian Panas


Kamis, 13 Agustus 2020 - 14:49:09 WIB
Jelang Pilkada 2020, Suhu Politik di Pasaman Barat Kian Panas Drs. H. Syawal Suro

PASBAR, HARIANHALUAN.COM --  Suhu politikmMenjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020, untuk pemilihan bupati dan wakil bupati di kabupaten Pasaman Barat kian memanas. Bagaimana tidak, sejumlah nama-nama tokoh dari para putra terbaik Pasbar yang bakal maju menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasbar tersebut, sudah mulai bermunculan, bahkan sudah ada yang menyatakan pasangannya.

Adapun nama-nama pasangan Calon Bupati Pasbar untuk periode 2021-2026 itu, di antaranya adalah, H. Maryanto-Yulisman, Agus Susanto-Romi Chandra, H. Hamsuardi-H. Risnawanto, dan H. Yulianto-Syafrial. Selain itu masih ada lagi nama Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasbar lainnya yang belum menyatakan pasangannya seperti, H. Erick Hariyona, Alamsyah Dt. Marajo, Edri Syahrinal dan Ust. Samidas.

Namun, selain nama-nama para tokoh di atas, belum afdol rasanya kalau tidak membahas, Drs. H. Syawal Suro yang juga  digadang-gadang memiliki pengaruh yang besar dalam meraup suara di kabupaten Pasbar yang tentunya pantas dan patut diperhitungkan oleh calon bupati Pasbar lainnya untuk dijadikan pasangan untuk kontestasi pilkada nantinya.

Pasalnya, pria kelahiran Simalungun tepatnya di PTP. Nusantara 4 bah-Jambi pada tanggal 4 januari tahun 1967 tersebut, sudah lama berkecimpung di dunia dakwah serta aktif di berbagai organisasi lokal maupun nasional, yang tentunya sudah sangat dikenal dekat oleh sebagian besar masyarakat Pasbar pada umumnya.

Adapun sejumlah organisasi yang pernah Ia ikuti adalah Ikatan Mahasiswa Muhammadiah (IMM) kota Padang, Ikatan Pemuda Tarbiah Indonesia (IPTI), Alwashliyah kota Padang, Forum  Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) dan GP ANSOR. Serta juga pernah menjabat sebagai Penasehat di Dalihan Natolu (Tungku yang tiga), Ketua Paguyuban Seni Jawa, Pembina Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pasbar, Seksi Kerohanian IPSI, Ketua Paguyuban Pencak Silat Pasbar, Wakil Ro'is Suriyah Sumbar dan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Pasbar (IPHI).

Saat dikonfirmasi harianhaluan.com di ruangannya , Selasa (11/8), H. Syawal Suro yang saat ini menjabat sebagai kepala seksi pendidikan madrasah Pasbar, mengatakan, dirinya siap maju untuk menjadi Calon Bupati atau Wakil Bupati Pasbar jika ada tokoh yang ingin meminangnya, serta menyatakan, siap pensiun dari status Pegawai Negri Sipil (PNS).

"Jika diberikan kesempatan, kita siap maju dan siap memimpin kabupaten Pasbar untuk lebih baik kedepannya," ujar tokoh jebolan dari musthafawiyah purba baru dan IAIN Imam Bonjol tahun 1992 itu.

Saat ditanya alasan kenapa ingin maju untuk menjadi orang nomor satu di Kabupaten Pasbar tersebut, H. Syawal Suro mengatakan, karena ia ingin memajukan Kabupaten Pasbar dalam segala bidang terutama dalam bidang pendidikan Islam dan dakwah.

"Kita ingin menciptakan, Kabupaten Pasbar maju, Sejahtera, dan Berprestasi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai islami," ungkapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat bagian Utara pasbar, Murdopo yang juga sebagai mantan anggota DPRD Pasbar mengatakan, Ia sangat mendukung majunya H. Syawal Suro tersebut. Karena menurutnya, selain dikenal sangat dekat dan dikenal oleh masyarakat, H. Syawal Suro tersebut juga memiliki kepribadian yang baik dan ramah kepada masyarakat.

"Ia sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat Pasbar dan telah aktif berdakwah semenjak tahun 1985 lalu, juga dengan aktifnya di berbagai organisasi, tentunya H. Syawal Suro juga harus diperhitungkan dan patut dipertimbangkan para Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasbar lainnya," ucap Murdopo.

Hal itu juga di amini oleh mayarakat lainnya, H. Anwar Harahap yang juga tokoh masyarakat Pasbar. Ia mengatakan, Ustad Syawal Suro merupakan sosok pemimpin yang dibutuhkan Pasbar saat ini, karena terkenal dekat dengan semua lini masyarakat entah itu dengan masyarakat Minang, Mandailing maupun dengan masyarakat Jawa.

"Tak diragukan lagi kedekatan Buya Syawal Suro dengan masyarakat Pasbar. Bahkan ia fasih Bahasa Minang, Jawa, Mandailing, Batak dan Melayu,"ungkapnya.

loading...
Reporter : Muhammad Fadli /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]