Klaster Hagia Sophia, 500 Jemaah Tertular Corona Saat Salat


Kamis, 13 Agustus 2020 - 16:40:57 WIB
Klaster Hagia Sophia, 500 Jemaah Tertular Corona Saat Salat Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kasus penyebaran virus Corona COVID-19 dilaporkan muncul di Hagia Sophia, Turki. Bangunan bersejarah yang belakangan ini difungsikan sebagai mesjid disebut jadi tempat penularan karena orang-orang melaksanakan salat berjamaah tanpa menerapkan protokol kesehatan yang memadai.

Dikutip dari Arab News pada Kamis (13/8/2020), ada sekitar 350 ribu orang yang datang ke Hagia Sophia saat pertama kali mengadakan salat berjamaah. Dari jumlah tersebut, ada 500 orang pengunjung yang hingga saat ini terdiagnosis dengan COVID-19, termasuk di antaranya anggota parlemen dan jurnalis.

"Setelah pembukaan Hagia Sophia, kami mendengar banyak kasus di antara politisi," kata seorang dokter yang tak disebutkan namanya seperti dilansir Arab News.

Laporan kasus harian COVID-19 pemerintah Turki beberapa kali dikritik oleh tenaga profesional dan Asosiasi Medis Turki (TTB) karena dianggap tidak akurat.

Semenjak liburan Idul Adha, penambahan kasus baru COVID-19 di Turki mengalami peningkatan menjadi 1.000-an per hari. TTB mengklaim angka sebenarnya bisa saja sekitar 3.000-an.

Anggota parlemen dari partai oposisi, Murat Emir, mengatakan seharusnya para pejabat lebih bertanggung jawab di masa pandemi ini.

"Sayang, saat pembukaan Mesjid Hagia Sophia ribuan warga berkumpul tanpa memperhatikan protokol jaga jarak dan memakai masker. Berbagai kota dari Anatolia mengadakan tur untuk pembukaan ini, tanpa ada yang tahu apakah orang-orang ini mendapatkan izin resmi berpergian dari Kementerian Kesehatan, atau menjaga jarak selama transit," ungkap pria yang berlatar belakang dokter ini.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]