Gandeng kitabisa.com, HMG dan Seruan Pemuda Beri Reward Rita Si Pemecah Batu


Kamis, 13 Agustus 2020 - 20:00:57 WIB
Gandeng kitabisa.com, HMG dan Seruan Pemuda Beri Reward Rita Si Pemecah Batu HMG dan Komunitas Seruan Pemuda memberikan reward kepada Rita, si pemecah batu di Gaduik.

HARIANHALUAN.COM - Director Regional Media Haluan Media Group Muhamad Rayhan bersama komunitas Seruan Pemuda yang terlibat dalam penggalangan donasi via kitabisa.com untuk Rita, janda anak tiga yang berprofesi sebagai pemecah batu. Mereka mendatangi kediaman Rita di Komplek Griya Insani, Kecamatan Pauh pada Kamis (13/8/2020).

Dalam pertemuan ini, Haluan Media Group dan Seruan Pemuda menyerahkan uang tunai sebagai bentuk reward kepada Rita yang gigih dalam menjalankan perannya sebagai tulang punggung keluarga untuk menghidupi ketiga anaknya. Serah terima reward berupa uang tunai senilai Rp4 juta dilakukan oleh Muhammad Rayhan, Chief of Digital Strategy Haluan.co.

“Pemberian uang tunai ini lebih tepat disebut sebagai reward ketimbang bantuan. Reward ini diberikan pada Bu Rita karena perjuangan hidup yang inspiratif dan dapat menjadi contoh yang baik bagi anak muda agar tidak menjadi pribadi yang malas,” ujar Muhammad Rayhan. Sebelumnya, Haluan TV pernah merilis video liputan wawancara dengan Bu Rita di channel Youtube-nya pada tanggal 21 April 2020.

Sekilas tentang Rita. Dia adalah seorang wanita beranak tiga yang tinggal di kawasan Ulu Gadut, Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan ini. Wanita yang sudah ditinggal sang suami tujuh tahun silam harus melakoni pekerjaan laki-laki untuk menghidupi keluarganya dan merawat si bungsu yang menderita meningitis.

Saban hari, wanita 39 tahun ini mulai menyiapkan palu, linggis, cangkul dan ember yang akan dibawanya ke sungai. Tak lupa, dia pun membawa selimut dan bantal yang disiapkan untuk tempat bergolek Seno, anak bungsunya yang menderita meningitis (sakit di jaringan otak). Sebab, jika ditinggal, Seno kerap menangis menanyai sang ibu.

Tak lupa, Rita pun menyiapkan sebuah gerobak dorong untuk mengisi pasir yang digunakan sebagai alat membawa Seno ke sungai berikut dengan perkakas pemecah batunya. Selama bekerja memecah batu, Rita membuatkan sebuah pondok kecil yang beratapkan terpal dan alasnya dari selimut serta bantal yang dibawa dari rumah di pinggir sungai.

Dari hasil kerjanya itu, kata Rita, kadang dia hanya membawa uang Rp45 ribu setiap kali muat. Tapi, beberapa minggu belakangan ini, pesanan batu sungai pun sepi, sehingga dia pun terpaksa berutang untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Setidaknya, dalam sehari itu Rita harus menyiapkan uang hingga Rp50 ribu untuk belanja anak dan belanja dapur.

Namun, wanita yang sudah ditinggal suami sejak 7 tahun silam ini tetap yakin dia masih mampu membiayai anak-anaknya. Baginya, takkan ada yang menolong selain dirinya dan usaha kerasnya. "Saya yakin Tuhan itu tak sia-sia, salah satunya dengan memberikan hasil alam untuk saya jadikan tempat berusaha," ujarnya sambil menyeka airmata. 

Rita pun mengenang penyakit meningitis yang menimpa Seno sejak tujuh tahun silam. Ketika lahir, kenang Rita, Seno sama seperti anak-anak lainnya dan bisa memanggil bunda serta menangis seperti anak seusianya. Namun, penyakit itu mulai terlihat saat Seno berusia satu tahun. Sekarang, katanya, Seno hanya dirawat sendirian saja di rumah dengan asupan makanan seadanya. Ada anjuran saat itu jika Seno harus selalu mendapatkan susu untuk menguatkan kondisinya. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : relis /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 22 Juni 2020 - 12:27:25 WIB

    Gandeng Yayasan Pendidikan DEK, Rakyat Sumbar Akan Gelar Webinar Nasional

    Gandeng Yayasan Pendidikan DEK, Rakyat Sumbar Akan Gelar Webinar Nasional HARIANHALUAN.COM - Harian Umum Rakyat Sumbar membentang Webinar Nasional dengan tema Menjalani Pendidikan di Masa New Normal dengan Sekolah Digital, melalui aplikasi zoom, Rabu (1/7) mendatang. .
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 06:45:47 WIB

    Wah! Gandeng BNI, Polda Sumbar Dapat Fasilitas KPR

    Wah! Gandeng BNI, Polda Sumbar Dapat Fasilitas KPR HARIANHALUAN.COM -- Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) menjalin kerjasama dengan PT. Bank Nasional Indonesia (BNI) Tbk Kanwil Padang. Kerjasama ini terkait dengan pembayaran Tunjangan Kinerja dan pemberian fasili.
  • Kamis, 30 April 2020 - 10:11:00 WIB

    Mulyadi Gandeng Tokoh Pemuda Sumbar Bagikan Alkes Hingga Puskesmas Terjauh

    Mulyadi Gandeng Tokoh Pemuda Sumbar Bagikan Alkes Hingga Puskesmas Terjauh AGAM, HARIANHALUAN.COM - Aksi solidaritas untuk tenaga medis terus dijalankan oleh Anggota DPR RI dapil Sumatra Barat (Sumbar) II Mulyadi. Tanpa kenal henti, bantuan yang terdiri dari beragam alat-alat kesehatan terus menyeba.
  • Kamis, 02 April 2020 - 23:48:12 WIB

    Mulyadi Gandeng Srikandi Padang Perangi Virus Covid-19 di Masyarakat

    Mulyadi Gandeng Srikandi Padang Perangi Virus Covid-19 di Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Mulyadi yang juga Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Sumatra Barat (Sumbar) terus menggerakkan para kader dan relawan untuk turun langsung membantu masyarakat di tengah pandemi virus covi.
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 22:06:19 WIB

    RSUD dr Sadikin Kota Pariaman Gandeng Dokter Spesialis

    RSUD dr Sadikin Kota Pariaman Gandeng Dokter Spesialis PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, RSUD dr Sadikin Kota Pariaman melakukan kerjasama dengan sejumlah dr spesialis. Untuk proses kerja samanya sudah dimulai dari sekarang..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]