Nama Keramat yang Antarkan Refky Merajut Mimpi di Negeri Tiongkok  


Jumat, 14 Agustus 2020 - 13:43:22 WIB
Nama Keramat yang Antarkan Refky Merajut Mimpi di Negeri Tiongkok   Refky Adi Nata Satimin Noer.

HARIANHALUAN.COM - Satimin Noer merupakan nama keramat yang selalu melekat di kehidupan Refky Adi Nata Satimin Noer, pria 30 tahun yang mempunyai mimpi-mimpi yang besar. Berawal dari tiga kali gagal untuk mendapatkan beasiswa tidak membuat Refky sebutan akrab teman-temannya untuk menyerah.

Ia bercerita karena sifat pantang menyerahnya itu pada tahun 2020 mimpinya tersebut terkabul. Ia mendapatkan beasiswa di salah satu kampus terbaik di Tiongkok. Wuhan University of Technology menjadi tempat tujuannya membangun mimpi dengan menempuh pendidikan program jenjang S3. Pria dengan satu orang anak ini, bercerita pada Harianhaluan.com pada Jumat (14/8) awal statement yang muncul “There is nothing impossible bagi Allah”.

"Apapun bisa terjadi, siapa kerja ada gajinya siapa usaha ada hasilnya, akan tetapi kalau melibatkan Allah prosesnya akan lebih cepat," katanya memulai cerita. Ia mengaku mimpinya terwujud tersebut tak hanya berasal dari keahlian tetapi karena campur tangan doa dari orang tua dan orang terdekatnya. Salah satunya, Satimin Noer. Sosok Satimin Noer adalah Ayah dari Refky yang menjadi panutan bagi anak-anaknya.

"Ayah yang bekerja tak kenal lelah, Ayah yang selalu melindungi keluarganya. Ayah yang selalu berdoa buat anak-anaknya. Ayah yang selalu mendidik agar anak-anaknya disiplin. Dan ayah yang dikenal ramah di mata tetangga dan orang-orang terdekatnya. Inilah yang menjadi sumber keramat bagi saya," terangnya.

Refky menuturkan saat mendapatkan beasiswa dari pemerintah Tiongkok jalur kampus, dalam penjaringan beasiswa kelas internasional dari pengumuman yang dipublish ternyata yang berhasil memenangkan beasiswa ini hanya berjumlah 59 orang dari seluruh penjuru dunia. Diantaranta ada dari Iran, Arab Saudi, Ghana, Rusia, India, Turkistan, Korea, Vietnam dan beberapa negara lainnya.

"Dari 59 orang tersebut, terselip 2 orang asal Indonesia, salah satunya adalah Refky Adi Nata Satimin Noer," jelasnya sambil tersenyum. Beasiswa CGS (Chinese Government Scholarship) merupakan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Tiongkok untuk melanjutkan pendidikan mulai dari jenjang Bachelor (S1), Master (S2), dan Program Doctoral (S3).

Refky yang sehari-hari menjadi dosen disalah satu perguruan tinggi swasta di Kota Padang ini juga menuturkan bahwa setiap orang punya mimpi dan jangan takut untuk bermimpi. Pendidikan tidak ada tawar-menawar, bagaimanapun kehidupan teruslah bersekolah. "Jika kita tidak mampu maka Tuhan yang akan mencukupkan," terangnya lagi.

Beasiswa penuh Full Cover Scolarship yang didapatkan Tuition Waiver (uang spp), Stipen (uang saku), Accomodation (Penginapan), dan Comprehensive medical insurance (Asuransi kesehatan) jika dihitung-hitung total yang diperoleh mencapai 716 Million until finished.

"Biaya sebesar itu rasanya jika dengan biaya pribadi tidak sanggup ini yang disebut Tuhan yang akan mencukupkan. I don’t imagine for study in Tiongkok and get scholarship. Before failed 3 times, make me wake up and tried anymore," ujarnya.

Niat untuk bersekolah di Tiongkok sudah hadir sejak 2009 lalu. Pepatah "tuntutlah ilmu walau sampai ke Negeri Tiongkok" prinsip ini yang terus menerus hadir dalam ingatannya.

"Karena tidak dapat kita pungkiri saat ini Tiongkok menjelma menjadi negara yang maju, baik dari segi ekonomi, teknologi maupun pendidikan," papar Refky.

Refky juga menyampaikan jika punya keinginan maka harus sering-sering disebut. Tak hanya itu dukungan keluarga, orang tua menjadi penguat dalam usahanya. Istri dan orang tuanya pernah berpesan jika mau berhasil, mau lancar tetap istqomah.

"Hal yang tersulit pada saat mengajukan beasiswa ialah rekomendasi Professor, bagaimana kita meyakinkan Professor untuk plan study atau rencana penelitian kita nanti." Ia selalu berharap agar tetap semangat dalam melanjutkan studi nya di Negeri Tirai Bambu tersebut. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]