Gaet Penumpang, Jadwal Kereta Jarak Jauh Ditambah


Jumat, 14 Agustus 2020 - 14:36:57 WIB
Gaet Penumpang, Jadwal Kereta Jarak Jauh Ditambah KA Bandara Soekarno-Hatta Mulai Beroprasi, Ada Sekat Pembatas Kursi. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

HARIANHALUAN.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah jadwal perjalanan dan rangkaian kereta jarak jauh untuk menggaet penumpang. Pasalnya, momentum libur Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus dan libur Tahun Baru Islam pada 20 Agustus berdekatan.

KA jarak jauh dari dan menuju kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Cilacap, Yogyakarta, Solo, Madiun, Blitar, Surabaya, Malang, Jember, hingga Ketapang, dioperasikan lagi. Sebelumnya KA dengan rute-rute tersebut setop operasi karena pandemi Covid-19.

KA yang dioperasikan lagi di antaranya Argo Wilis (Gambir - Surabaya Gubeng pp), Malabar (Pasar Senen - Malang pp), Brantas (Pasar Senen - Blitar pp), Progo (Pasar Senen - Lempuyangan pp), Senja Utama Yogyakarta (Pasar Senen - Yogyakarta pp), Lodaya (Bandung - Solo Balapan pp), Ciremai (Bandung - Semarang Tawang pp), Purwojaya (Gambir - Cilacap pp), Mutiara Timur (Surabaya Gubeng - Ketapang pp), dan berbagai KA lainnya.

"Penambahan ini bertujuan untuk mengakomodir pelanggan yang ingin bepergian menggunakan kereta api pada libur panjang yang berdekatan ini," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (14/8/20).

Di bulan Agustus 2020, KAI rata-rata mengoperasikan 53 KA jarak jauh per hari. Jumlah tersebut meningkat 55% dibanding bulan Juli 2020 yaitu rata-rata mengoperasikan 34 KA jarak jauh per hari.

Selain itu, KAI juga menambah jadwal kereta yang berjalan setiap hari. Sebelumnya KAI menjalankan KA tertentu hanya pada akhir pekan dan tanggal tertentu dengan melihat minat dari masyarakat.

KA yang dijalankan kembali setiap hari adalah sbb:
- Mulai 15 Agustus, KA Argo Wilis (Gambir - Surabaya Gubeng pp)
- Mulai 17 Agustus, KA Progo (Pasar Senen - Lempuyangan pp), dan Malabar (Pasar Senen - Malang pp)
- Mulai 18 Agustus, KA Matarmaja (Pasar Senen - Malang pp) dan Bima (Gambir - Malang pp)
- Mulai 19 Agustus, KA Ciremai (Bandung - Semarang Tawang pp), Argo Muria (Gambir - Semarang Tawang), Argo Sindoro (Semarang Tawang - Gambir)

Masyarakat dapat mengakses aplikasi KAI Access untuk melihat info detail seluruh KA yang dioperasikan pada Agustus 2020 ini. Tiket dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Sampai dengan saat ini sudah terdapat KA-KA yang okupansinya cukup tinggi pada perjalanan akhir pekan ini, terutama KA-KA menuju Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Malang. Maka dari itu, untuk melayani lebih banyak masyarakat, KAI memperpanjang jumlah rangkaian pada rute dan tanggal yang menjadi favorit masyarakat.

Misalnya KA Kertajaya (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi) menambah 9 Kereta Ekonomi pada perjalanan 13 dan 15 Agustus, sehingga totalnya membawa 14 Kereta Ekonomi; KA Sembrani (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp) menambah 4 Kereta Eksekutif pada perjalanan 13 s.d 17 Agustus, sehingga totalnya menjadi membawa 8 Kereta Eksekutif; dan Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp) menambah 3 Kereta Eksekutif pada perjalanan 14 dan 17 Agustus, sehingga totalnya menjadi membawa 8 Kereta Eksekutif.

"KAI akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dalam rangka menyambut libur Hari Kemerdekaan Indonesia dan libur Tahun Baru Islam. Semoga masyarakat dapat menikmati pelayanan yang diberikan KAI dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan," tutup Joni. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 16:25:26 WIB

    PKS Heran Jokowi Masih Gaet Parpol Meski Legitimasi Kuat

    PKS Heran Jokowi Masih Gaet Parpol Meski Legitimasi Kuat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid meminta Presiden Joko Widodo tak menarik partai politik lain di luar koalisinya untuk bergabung ke pemerintahannya. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]