Donor Darah dan Ziarah Makam Warnai Puncak Hari Pramuka ke-59 di Kwarcab Sawahlunto


Jumat, 14 Agustus 2020 - 15:10:29 WIB
Donor Darah dan Ziarah Makam Warnai Puncak Hari Pramuka ke-59 di Kwarcab Sawahlunto Ziarah ke makam penggiat Pramuka Sawahlunto, kakak Yuliar dan Djamali dalam puncak peringatam hari Pramuka ke 59.

HARIANHALUAN.COM – Donor darah dan ziarah makam tokoh penggiatan Pramuka, menandai puncak peringatan Hari Pramuka ke 59 yang jatuh pada Jumat, 14 Agustus 2020. Sebelumnya Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto juga mengikuti uparacara peringatan hari Pramuka tingkat Nasional di Balaikota setempat yang dilakukan secara virtual dari Istana Negara.

Wakil Ketua Kwartir Cabang Pramuka Sawahlunto, Ritu Karianto mengatakan, peringatan hari Pramuka kali ini di tengah pandemi Covid - 19, yang mengharuskan kegiatan peringatannya terbatas sesuai dengan protokol kesehatan. Untuk kegiatan donor darah sebutnya, dilaksanakan di RSUD yang diikuti para pengurus kwarcab, Satuan Karya, Pembina gugus depan serta pramuka penegak yang berjumlah 50 orang.

"Kita juga melakukan ziarah ke makan kakak Yuliar dan Kakak Djamali, yang merupakan tokoh penggiatan Pramuka dikota ini," ujarnya.

Adapun kegiatan lainnya sebut Ritu, satgas Pramuka peduli Kwarcab Sawahlunto, juga terus berperan dalam melakukan penyemprotan disinfektan diberbagai fasilatas umu seperti kantor, pasar, rumah ibadah. "Termasuk penyemprotan disekolah sekolah sebelum dilakukan proses belajar tatap muka," katanya.

Sementara Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti yang sekaligus Ketua Kwarcab Pramuka sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang senantiasa dilakukan oleh anggota Pramuka setempat. Dia menilai, aktivitas sosial yang dilakukan itu cerminan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka yang juga sesuai dengan harapan yang disampaikan Ketua Majelis Pembimbing Nasional, Presiden Joko Widodo.

"Ada dua amanat buat Pramuka saat ibu, yakni gerakan disiplin nasional yang mengajak masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan serta gerakan kepedulian Nasional untuk mengajak masyarakat saling bantu dan peduli akan sesama," ujarnya mengutip amanat Presiden RI dalam upacara Hari Pramuka, rabu kemarin.

Dua gerakan ini lanjut Zohirin, akan sangat penting bagi anggota Pramuka untuk mengasah jiwa kepemimpinan yant sesuai dengan Dwi Dharma, Tr Satya dan Dasa Dharma Pramuka.(*)

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 14:02:22 WIB

    Perangkat Nagari Kecamatan IV Jurai Gelar Aksi Donor Darah

    Perangkat Nagari Kecamatan IV Jurai Gelar Aksi Donor Darah HARIANHALUAN.COM - Puluhan orang perangkat nagari se-Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan mengikuti donor darah  massal. Aksi donor darah yang digagas Kecamatan IV Jurai ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sosial kemasyarak.
  • Senin, 06 Juni 2016 - 02:48:20 WIB

    Subdenpom Gelar Aksi Donor Darah

    Subdenpom Gelar Aksi Donor Darah PADANG PANJANG, HALUAN—Sebanyak 13 kantong darah berhasil terkumpul pada kegiatan aksi donor darah yang digelar Sub­denpom I/4-5 Padang Panjang bersama PMI dan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD di Markas Subdenpom setempat, .
  • Kamis, 21 Januari 2016 - 03:35:24 WIB

    SMAN 1 Gelar Donor Darah

    PASAMAN BARAT, HALUAN — SMAN I Pasaman Pasaman Barat (Pasbar) kembali menggelar kegiatan Donor Darah yang bekerja sama dengan PMI dan RSUD Pasbar sebagai Wujud Cinta Kasih terhadap Sesama. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]