6 Tanaman Ini Bisa Bikin Suhu Ruangan Lebih Sehat, Salah Satunya Lidah Buaya


Jumat, 14 Agustus 2020 - 15:12:33 WIB
6 Tanaman Ini Bisa Bikin Suhu Ruangan Lebih Sehat, Salah Satunya Lidah Buaya Ilustrasi lidah buaya

HARIANHALUAN.COM - Di rumah kamu masih banyak ruangan kosong. Bisa nih didekorasikan dengan tanaman hias. Selain sebagai dekorasi, tamanan ini juga banyak manfaatnya lho. Salah satunya membuat udara menjadi lebih segar.

Seperti dikutip dari IDN.Times, Jumat (14/8/2020), berikut enam tanaman yang bisa kamu tanam di rumah dengan mudah. 

1. Peace lily

Peace lily adalah jenis tanaman yang mudah beradaptasi dalam pemeliharaan yang rendah. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan tanaman ini sebagai dekorasi interior rumah. Bunga putihnya akan menambah kesan indah dan kalem di ruangan. 

Peace lily juga punya banyak manfaat, beberapa di antaranya mampu membersihkan udara dan meningkatkan kualitas tidur kamu. Untuk merawatnya pun cukup mudah. Hanya perlu tanah yang lembap dan suhu yang tidak terlalu panas. Bunga ini juga cukup disiram sekali dalam tiga hari.

2. Spider plant

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Cholorophytum comosum ini awalnya berasal dari Afrika. Namun sekarang, kamu bisa menemukannya di segala penjuru dunia. Tanaman spider cocok diletakkan dalam ruangan karena mampu menyaring udara dengan alami dan baik. Tanaman ini mampu mengisap senyawa kimia formoldehida atau formalin yang berbahaya bagi penderita asma. 

Untuk merawatnya, kamu letakkan tanaman ini di tempat yang tidak terpapar cahaya matahari secara langsung. Siram sekali dalam dua hari sudah cukup. 

3. Sage

Pernah dengar nama tanaman yang satu ini? Tanaman yang memiliki nama latin Salvia officinalis ini tidak hanya menjadi tanaman hias saja. Sage termasuk dalam tanaman herbal yang punya banyak manfaat bagi tubuh. Dengan aromanya yang wangi dan segar, sage dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan fresh. 

Tanaman ini juga mampu menyaring udara dari bakteri. Daun sage pun dapat dijadikan sebagai bumbu masakan. Kamu tidak perlu repot untuk merawatnya. Dengan air dan sinar matahari yang cukup, tanaman ini akan tetap hidup. 

4. Weeping fig

Weeping fig cocok banget buat pemula yang ingin belajar menanam tanaman hias. Tanaman ini merupakan tanaman beringin yang dapat menjaga udara tetap bersih dan sejuk. Namun, kamu perlu hati-hati bila memiliki hewan peliharaan. Jangan sampai mereka memakan daunnya, karena dapat beracun. 

Untuk merawatnya, kamu hanya perlu menjauhkannya dari udara dingin seperti AC. Kamu juga hanya perlu menyiramnya ketika tanah bagian atasnya terlihat kering. 

5. Lidah buaya

Punya banyak manfaat, Lidah Buaya juga dapat ditanam dalam ruangan sebagai tanaman hias. Mereka dikenal mampu menyaring bahan kimia di udara sehingga kamu dapat menghirup udara yang bersih.

Untuk menanamnya di dalam ruangan, kamu bisa pilih tanaman Lidah Buaya ukuran kecil. Tidak masalah kalau kamu lupa untuk menyiramnya, setidaknya kamu cukup menyiramnya 1-2 kali dalam seminggu. Akan semakin baik bila kamu menanamnya dengan campuran tanah yang sehat. 

6. Bunga lavender

Lavender yang umumnya diesktrak sebagai parfum, pewangi ruangan, atau minyak aromaterapi ini juga bisa kamu tanam di dalam ruangan. Aromanya yang kuat mampu menenangkan dan membuat kamu rileks. Lavender dapat tumbuh dengan baik bila terkena paparan cahaya matahari langsung. Kamu bisa meletakan bunga ini di pinggir jendela atau tempat yang terkena banyak cahaya matahari. 

Dalam menanam lavender, kamu perlu memperhatikan media tanamnya yaitu tanah dengan konsentrasi minyak yang rendah. Kamu juga harus rutin menyiram bunga ini. 

Selain menjadi dekorasi ruangan, tanaman dalam daftar di atas juga memiliki manfaat bagi kesehatan, lho. Kalau kamu berencana membeli tanaman untuk diletakkan di dalam ruangan, bisa pilih dari daftar di atas. (*)

loading...
 Sumber : IDN.Times /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]