Rumah Tidak Layak Huni di Sawahlunto Diperbaiki


Jumat, 14 Agustus 2020 - 15:51:29 WIB
Rumah Tidak Layak Huni di Sawahlunto Diperbaiki Peletakan batu pertama program bedah rumah tidak layak huni.

HARIANHALUAN.COM – Program perbaikan rumah tidak layak huni kembali digulirkan di Kota Sawahlunto. Sedikitnya 8 unit rumah tidak layak huni menjadi target pemerintah sepanjang tahun 2020.

“Targetnya rumah yang berdampak bencana sebanyak delapan unit. Dimana lima unit rumah untuk kegiatan peningkatan kualitas, sisanya 3 unit untuk kegiatan pembangunan baru,” ungkap Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Sawahlunto, Adrius Putra kepada Haluan, Jumat (14/8).

Saat ini, Pemerintah Sawahlunto melakukan pembangunan baru dalam program rumah tidak layak huni di Desa Datar mansiang, Kecamatan Talawi, dengan alokasi dana sebesar Rp30 juta untuk bahan bangunan dipotong pajak, dan Rp5 juta dialokasikan untuk upah tukang.

Adrius Putra mengungkapkan, total jumlah rumah tidak layak huni yang telah ditangani sampai tahun 2020 sebanyak 869 unit. Sisanya yang membutuhkan perhatian dan sentuhan program serupa mencapai 531.

“Sebanyak 62,07 persen rumah tidak layak huni di Kota Sawahlunto berdasarkan data tahun 2018 telah tertangani,” tambahnya.

Pelaksanaan program bedah rumah tidak layak huni di Desa Datr Mansiang dihadiri langsung Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Kapolres Sawahlunto, AKBP Junaidi Nur, serta Wakil Ketua DPRD Sawahlunto, Jaswandi serta anggota Jhon Reflita.

"Dengan program bantuan rumah tidak layak huni kepada masyarakat, kita wujudkan permukiman perkotaan yang layak huni produktif dan berkelanjutan," ujar Walikota Deri Asta. (*)

loading...
Reporter : Fadilla Jusman /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]