Kasus Cabul dan Begal Payudara Marak, Ketua LKAAM Sumbar: Pemerintah Lengah, Petugas Dituntut Berikan Rasa Aman


Jumat, 14 Agustus 2020 - 16:21:52 WIB
Kasus Cabul dan Begal Payudara Marak, Ketua LKAAM Sumbar: Pemerintah Lengah, Petugas Dituntut Berikan Rasa Aman Ketua LKAAM Sumbar, M Sayuti Datuak Rajo Panghulu. Dok covesia

HARIANHALUAN.COM - Beberapa hari belakangan di Provinsi Sumatra Barat marak terjadi kasus pelecehan seksual. Mulai dari begal payudara hingga pencabulan anak di bawah umur. Hal tersebut membuat masyarakat resah karena kejadian itu bisa menimpa siapa saja. Tak hanya itu, pelaku melakukan pelecehan seksual dilakukan saat siang hari.

Menanggapi hal tersebut, Ketua LKAAM Provinsi Sumatra Barat, M Sayuti Datuak Rajo Panghulu mengatakan pandemi Covid-19 ikut menjadi sebab kasus pelecehan seksual tersebut terjadi. Tak hanya memberikan dampak dari segi ekonomi tapi juga dari segi kemanusiaan.

"Karena pandemi ini juga memberikan dampak yang besar terhadap kemanusiaan. Contohnya banyak yang melakukan pelecehan seksual," katanya saat dihubungi lewat sambungan telepon, Jumat (14/8).

Ia melanjutkan, selain dampak dari Covid-19 menurutnya rasa bosan juga menjadi pemicu tindakan asusila tersebut. Karena bosan melakykan aktivitas yang berbeda dari biasanya menjadikan seseorang tersebut mencari pelampiasan dan terbilang mencari sensasi agar keluar dari zona jenuhnya.

"Manusia itu saat sekarang terbagi atas dua, pertama dia banyak uang dan bisa berdiam diri di rumah. Kemudian yang kedua dia yang tidak punya uang dan pusing tidak punya kerjaan makanya melakukan hal tersebut. Boleh dibilang mencari sensasi," ujarnya.

Kemudian, M Sayuti Datuak Rajo Panghulu mengharapkan agar pemerintah juga memperhatikan keamanan dan kesehahteraan masyarakat. Selain pemerintah, petugas yang berwenang juga dituntut mampu memberikan rasa aman terhadap masyarakat dan cekatan menanggapi laporan yang masuk.

"Harus sama-sama disiplin, sekarang saya lihat pemerintah sudah lengah lagi. Menganggap corona sudah pergi, tidak virus itu masih ada. Harus sama-sama dapat memberikan rasa aman," harapnya. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]