Resmi Buka Hari Belanja Diskon, Airlangga: Mari Borong Produk UMKM


Jumat, 14 Agustus 2020 - 16:30:03 WIB
Resmi Buka Hari Belanja Diskon, Airlangga: Mari Borong Produk UMKM Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah berupaya mendorong kembali konsumsi agar ekonomi bisa berjalan. Salah satu upaya itu dengan mendorong masyarakat berbelanja produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Hari belanja diskon Indonesia secara resmi dibuka. Mari belanja produk UMKM Indonesia, dengan belanja anda ikut berkontribusi untuk mendorong pemulihan ekonomi Indonesia," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pembukaan hari belanja diskon Indonesia (HBDI) 2020 melalui video conference, Jumat (14/8/2020).

Dia mengungkapkan pandemi COVID-19 ini menciptakan krisis kesehatan dan tekanan pada sosial, ekonomi sampai industri keuangan di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Dampaknya snagat terasa ke berbagai negara mulai dari ekonomi minus hingga ancaman resesi seperti yang terjadi di sejumlah negara seperti Singapura, Korea Selatan sampai Inggris.

Airlangga menyebut Indonesia juga mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang minus 5,32% namun angka ini masih lebih baik dibandingkan negara-negara yang lain. Pemerintah memproyeksi pertumbuhan ekonomi pada akhir tahun bisa lebih baik. Hal ini karena sudah terlihatnya peningkatan purchasing manager index (PMI) manufacture sudah mulai membaik menjadi 46,9 dan indeks keyakinan konsumen 83,1.

Saat ini pemerintah menyiapkan anggaran untuk pemulihan ekonomi nasional untuk mendorong meningkatkan daya beli. Mulai dari memberikan bantuan untuk usaha super mikro hingga memberikan subsidi bunga.

"Program hari belanja diskon Indonesia ini diharapkan bisa berkontribusi untuk mendorong pemulihan ekonomi Indonesia melalui konsumsi. Karena itu, kesempatan ini agar bisa berjalan lebih luas," jelasnya. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 09 September 2020 - 09:30:59 WIB

    Waduh! 44 Negara Resmi Resesi, Ekonomi Eropa Terparah

    Waduh! 44 Negara Resmi Resesi, Ekonomi Eropa Terparah HARIANHALUAN.COM - Akibat krisis virus corona (Covid-19), sejumlah negara jatuh ke jurang resesi. Tak ayal, pelemahan ekonomi menghantui negara-negara dunia..
  • Rabu, 12 Agustus 2020 - 19:13:04 WIB

    Parah, Inggris Umumkan Resmi Resesi

    Parah, Inggris Umumkan Resmi Resesi HARIANHALUAN.COM – Inggris secara resmi memasuki masa resesi. Data menunjukkan, Produk Domestik Bruto (PDB) Inggris turun 20,4 persen pada kuartal kedua dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu..
  • Senin, 11 Mei 2020 - 20:08:18 WIB

    Dibantu YBM PLN Sumbar, Rumah Nenek Dalima Resmi Dibedah

    Dibantu YBM PLN Sumbar, Rumah Nenek Dalima Resmi Dibedah Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Sumbar baru saja meresmikan program bedah rumah bagi Nenek Dalima. Beliau adalah salah seorang pelanggan PLN Sumbar yang tinggal di pelosok dengan kondisi rumah yang kurang layak huni dan hidup k.
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 15:25:23 WIB

    Gerai McDonald's Pertama di Indonesia Resmi Ditutup

    Gerai McDonald's Pertama di Indonesia Resmi Ditutup JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Restoran cepat saji McDonald's atau McD Sarinah mengucapkan salam perpisahan karena akan tutup pada Minggu, 10 Mei 2020. Melalui Instagram, McDonald's Indonesia mengucapkan terima kasih kepada par.
  • Rabu, 29 April 2020 - 10:54:19 WIB

    Diresmikan Daring, 10 Dusun di Sumbar Ini Akhirnya Merasakan Aliran Listrik

    Diresmikan Daring, 10 Dusun di Sumbar Ini Akhirnya Merasakan Aliran Listrik PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar meresmikan penggunaan listrik di 10 dusun yang ada di Sumbar dalam program Listrik Desa (Lisa) secara daring Rabu (29/4/2020) pagi. Program listrik desa ini send.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]