Kabar Penyakit Legionnaires Dapat Tertular Lewat Masker, Kominfo Sebut Hoax


Jumat, 14 Agustus 2020 - 17:28:22 WIB
Kabar Penyakit Legionnaires Dapat Tertular Lewat Masker, Kominfo Sebut Hoax Dok Kominfo

HARIANHALUAN.COM - Baru-baru ini kabar seputar penyakit Legionnaires yakni penyakit pernapasan yang menyebabkan pneumonia berat dan seringkali mematikan jika tidak mendapat perawatan segera menjadi topik pembicaraan sejumlah netizen di media sosial.

Seperti dikutip dari Kominfo RI, Jumat (14/8/2020), penyakit itu disebut-sebut bisa tertular dari masker yang biasa digunakan untuk melindungi diri dari Covid-19. Kabar tersebut bermula dari pengakuan seseorang yang diunggah di Facebook bahwa istrinya yang semula diduga terjangkit Covid-19 akhirnya didiagnosis terkena penyakit Legionnaires karena memakai masker yang sama berulang-ulang. 

Faktanya, klaim penyakit Legionnaires dapat tertular dari masker adalah tidak benar. Menurut Legionella, sebuah Organisasi Nirlaba yang menyediakan informasi dan melakukan penelitian terhadap penyakit ini, Legionnaires tidak menyebar dari orang ke orang dan juga tidak tertular dari masker.

Orang bisa terinfeksi penyakit ini melalui tetesan air inhalasi atau kabut yang membawa bakteri Legionella pneumophila. Penyakit Legionnaires dapat menyebabkan wabah besar melalui droplet yang terkontaminasi dari berbagai sumber seperti pancuran, keran, sistem pendingin udara, kolam spa, kolam air panas, dan air mancur.

Bangunan yang lama tidak ditinggali atau lama tidak digunakan dapat memungkinkan bakteri berkembang biak dan akhirnya mencemari sistem air. (*)

loading...
 Sumber : Kominfo RI /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]