Sepekan Terakhir, Sumbar Dua Kali Digetarkan Gempa Bumi


Sabtu, 15 Agustus 2020 - 12:29:08 WIB
Sepekan Terakhir, Sumbar Dua Kali Digetarkan Gempa Bumi Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM- Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) diguncang dua kali gempa dalam sepekan terakhir terhitung sejak 7 sampai 31 Agustus 2020.

Kepala Seksi Data dan Informasi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  Padang Panjang, Mamuri  menyebutkan kejadian gempa bumi yang tercatat oleh BMKG stasiun geofisika Padang Panjang tersebut tidak terdapat gempa bumi yang dirasakan oleh masyarakat.

Baca Juga : Diduga Jadi Korban Pengeroyokan, Seorang Polisi Meninggal di Trotoar

"Dari kejadian gempa tersebut juga tidak berdampak ke masyarakat," kata dia dilansir Antara, Sabtu (15/8/2020).

Kemudian, ia menyebutkan dari dua kali kejadian gempa bumi tersebut terdapat satu kali di Pesisir Selatan dan satu kali lainnya di Kabupaten Agam.

Baca Juga : Edarkan Narkoba, Oknum ASN Lapas Bukittinggi dan Tiga Rekannya Diciduk

"Dengan rincian yaitu di Pesisir Selatan berkekuatan 3.8 magnitudo dan di Kabupaten Agam berkekuatan 3.0 magnitudo," kata dia.

Lebih lanjut ia menyebutkan selain di Sumbar, juga terdapat satu kali kejadian gempa bumi di 21 km Barat Daya Musi, Banyuasin, Sumatera Selatan.

Baca Juga : Lagi! TKI Disiksa di Malaysia, Gaji 5 Tahun tak Dibayar

"Kejadian gempa bumi yang tercatat tersebut merupakan gempa bumi dengan magnitudo 3 < M > 5 SR sebanyak tiga kejadian yang merupakan dua gempa bumi dangkal dan satu kali gempa bumi sedang," kata dia menjelaskan.

Lebih lanjut ia mengatakan kejadian gempa bumi yang tercatat merupakan gempa bumi dangkal dan sedang, yaitu dua kali gempa bumi dangkal dan satu kali kalu gempa sedang.

Baca Juga : Minggu Dini Hari, Ratusan Pemuda Bersenjata Terlibat Tawuran di Medan

Ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya mengenai informasi tentang kejadian gempa.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg," kata dia. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Antara
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]