Peringati 15 Tahun Perdamaian, Partai Aceh Kibarkan Bendera Bulan Bintang


Sabtu, 15 Agustus 2020 - 17:16:08 WIB
Peringati 15 Tahun Perdamaian,  Partai Aceh Kibarkan Bendera  Bulan Bintang Foto: Antara

HARIANHALUAN.COM-Dalam rangka memperingati 15 tahun perdamaian Aceh,  Dewan Pimpinan Aceh (DPA) Partai Aceh mengibarkan bendera Bulan Bintang.

Pengibaran bendara Bulan Bintang  yang sudah ditetapkan dalam qanun sebagai bendera daerah tersebut dilakukan di Kantor DPA Partai Aceh di Banda Aceh, Sabtu (15/8/2020). 

Bendera tersebut dikibarkan berdampingan dengan bendera Merah Putih dan bendera Partai Aceh.

Posisi bendera Bulan Bintang dikibarkan lebih rendah dari bendera Merah Putih. Namun, bendera Bulan Bintang sejajar bendera Partai Aceh

Juru Bicara Partai Aceh Muhammad Saleh mengatakan pengibaran Bulan Bintang dalam rangkaian memperingati 15 tahun perdamaian Aceh.

"Sejak perdamaian Aceh berlangsung hingga 15 tahun, baru kali ini bendera Bulan Bintang dikibarkan di Kantor Partai Aceh. Untuk ke depan, kami lihat nanti apakah dikibarkan atau tidak," kata Muhammad Saleh, seperti dilansir Antara.

Muhammad Saleh mengatakan pihaknya mengibarkan bendera Bulan Bintang berdasarkan qanun atau peraturan daerah yang sudah diundangkan dalam lembaran daerah.

Menurut Muhammad Saleh, qanun tersebut merupakan turunan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh. Undang-undang tersebut merupakan buah kesepakatan damai RIbdan

"Sampai kini, qanun yang menetapkan bendera Bulan Bintang sebagai bendera daerah belum dicabut. Artinya, pengibaran bendera Bulan Bintang yang kami lakukan secara legal dan tidak ada aturan yang dilanggar," kata Muhammad Saleh.

Bendera Bulan Bintang tersebut berkibar hampir dua jam di tiang bendera depan Kantor DPA Partai Aceh. Sejumlah polisi terlihat berjaga-jaga di depan kantor partai lokal tersebut.

Bendera yang mirip bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada masa konflik tersebut akhirnya diturunkan setelah polisi sempat berkomunikasi dengan politisi Partai Aceh. (*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 September 2020 - 17:05:18 WIB

    Ini Tuntutan Mahasiswa se-Sumbar saat Demo Peringati Hari Tani

    Ini Tuntutan Mahasiswa se-Sumbar saat Demo Peringati Hari Tani HARIANHALUAN.COM - Peringatan Hari Tani Nasional yang dilakukan setiap tanggal 24 September diwarnai dengan aksi demo mahasiswa di depan Kantor Gubernur Sumatra Barat. Aksi tersebut dilakukan mahasiswa untuk menyuarakan beber.
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 15:03:51 WIB

    Peringati Tahun Baru Islam, Ratusan Peserta Ikuti Dauroh 

    HARIANHALUAN.COM-Pengurus Masjid Agung Istiqomah Bengkalis, Riau menggelar Dauroh atau pelatihan bagi para Penghafal dan Pencinta Alquran dalam hari pertama  Tahun Barus Islam  1442 Hijriah..
  • Kamis, 09 April 2020 - 17:13:26 WIB

    Peringati Hari Jadi, Bawaslu Agam Gelar Aksi Solidaritas 

    Peringati Hari Jadi, Bawaslu Agam Gelar Aksi Solidaritas  AGAM,HARIANHALUAN.COM-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memasuki usia ke-12 Tahun. Hari Ulang Tahun Bawaslu yang dirayakan setiap tanggal 9 April, pada tahun ini menjadi istimewa. Bawaslu merayakan hari jadi ditengah wabah pand.
  • Senin, 09 Desember 2019 - 18:40:12 WIB

    Peringati Hari Anti Korupsi, Kejati: Korupsi Harus Diperangi Bersama

    Peringati Hari Anti Korupsi, Kejati: Korupsi Harus Diperangi Bersama PADANG, HARIANHALUAN.COM- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar) Priyanto menegaskan, korupsi harus diperangi secara bersama. Tidak hanya pencegahan saja, namun juga penindakan..
  • Rabu, 27 November 2019 - 12:06:58 WIB

    Peringati HUT KORPRI, Dharmasraya Gelar Seminar Nasional

    Peringati HUT KORPRI, Dharmasraya Gelar Seminar Nasional DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM-Memperingati Hari Ulang Tahun KORPRI ke 48, Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Dharmasraya menggelar Seminar Nasional dengan mengangkat tema "Netralitas ASN dalam Menghadapi Pilkada 2020 dan Peningka.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]