PNP Buka Program Diploma Alih Jenjang untuk Lima Jurusan


Sabtu, 15 Agustus 2020 - 18:10:34 WIB
PNP Buka Program Diploma Alih Jenjang untuk Lima Jurusan Ketua Jurusan Akuntansi PNP, Dr. Amy Fontanella. Dok PNP

HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) siap membuka Program Diploma Alih Jenjang (DAJ) D-3 ke D-4 untuk 5 jurusan yang ada di PNP, yakni Jurusan Teknik Ekektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknik Akuntansi serta Teknologi Informasi pada Semester Ganjil 2020/2021.

Direktur PNP, Surfa Yondri mengatakan, dalam registrasi mahasiswa DAJ tersebut, migrasi mahasiswa lulusan D-3 dilakukan melalui proses administrasi dan konversi nilai mata kuliah yang sudah ditempuh di perguruan tinggi asal. Proses registrasinya dilaksanakan pada semester ganjil dan genap.

Adapun DAJ yang dibuka tahun ini di PNP adalah D-4 Manufaktur, Jurusan Teknik Mesin, D-4 Perencanaan Irigasi dan Rawa, Jurusan Teknik Sipil, D-4 Teknik Telekomunikasi, D-4 Teknik Elektronika Industri, D-4 Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik, Jurusan Teknik Ekektro, dan D-4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, Jurusan Teknologi Informasi, dan D-4 Akuntansi, Jurusan Akuntansi.

Mengutip Kepmendiknas Nomor 178/U/2001 di Indonesia, gelar D-3 tidaklah setara dengan gelar sarjana, S-1. Sebutan profesional untuk gelar D-3 adalah Ahli Madya (A.Md), sedangkan untuk D-4 adalah Sarjana Sains Terapan (S.ST). Durasi kedua gelar tersebut pun berbeda, D-3 selama 3 tahun, D-4 selama 4 tahun.

"Dua gelar tersebut, diberikan bagi mereka yang mengikuti pendidikan vokasi/kejuruan di suatu perguruan tinggi," kata Surfa Yondri.

Pada dasarnya pendidikan vokasi pun tidak sama dengan pendidikan akademik. Subjek yang dipelajari juga berbeda. Vokasi lebih diminati oleh mereka yang sudah bekerja dan penekanannya lebih kepada mata kuliah keahlian, sedangkan akademik lebih ke arah keilmuan.

"Dengan dibukanya program DAJ ini, diharapkan keraguan mengenai masa depan D-3 dan D-4 segera hilang," ujar Surfa Yondri.

Semtara itu, Ketua Jurusan Akuntansi PNP, Dr. Amy Fontanella mengatakan, program D-4 Alih Jenjang (AJ) sangat dibutuhkan dan membantu alumni D-3 kita untuk melanjutkan studi. Dengan melanjutkan studi ke D-4 AJ, alumni D-3 bisa mengirit waktu untuk memperoleh gelar Sarjana Terapan dibandingkan melanjutkan studi di perguruan tinggi lain.

"Selain itu, program D4-AJ juga memberikan kesempatan bagi alumni D-3 untuk tetap istiqamah berada di jalur vokasi," tutur Amy.

Amy optimis tak akan menemui kendala berarti, hanya diperlukan belajar dari beberapa politeknik lain yang sebelumnya sudah memiliki program D-4 AJ terkait pelaporan di PDPT, pengakuan SKS, pembuatan transkrip dan lain-lain, jelasnya.

"Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi merupakan pangkalan data secara nasional keberadaan perguruan tinggi yang ada. Mulai dari Program studi (prodi), profil PT, Profil Dosen dan bahkan tersedia juga data profil mahasiswa," sebut Amy.

Umumnya, perguruan tinggi kedinasan menggunakan jenjang sarjana terapan ketimbang sarjana. Misalnya, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN menyelenggarakan D-4 Akuntansi dan bukan S1 seperti di perguruan tinggi negeri (PTN).

"Lulusan Program D-4 Akuntansi di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara bisa meneruskan untuk mengambil jurusan Master of Science in Accounting di George Mason University, Amerika Serikat yang telah terakreditasi AACSB," tandasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]