Gaji ke-13 dan Long Weekend, Begini Cara Mengelolanya Saat Pandemi


Sabtu, 15 Agustus 2020 - 18:23:05 WIB
Gaji ke-13 dan Long Weekend, Begini Cara Mengelolanya Saat Pandemi Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pencairan gaji ke-13 untuk PNS sudah dilakukan pada Senin 10 Agustus 2020 kemarin. Namun, adanya gaji tersebut juga harus diperhatikan dengan baik. Apalagi dengan adanya libur 'longweekend' yang dimulai dari Sabtu (15/82020) hingga Senin (17/8/2020) mendatang.

Seperti yang dikatakan oleh Perencana Keuangan Andreas Freddy Pieloor, dirinya mengatakan bahwa penggunaan gaji ke-13 di long weekend ini seharusnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat prioritas.

Penggunaan gaji ke-13 ini disarankan dirinya digunakan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, walaupun mungkin saja sebenarnya kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi dengan gaji bulanan biasanya. Selain itu Andreas pun mengatakan bahwa pentingnya untuk menyiapkan dana tersebut sebagai dana sampingan atau dana darurat.

Apalagi di kondisi yang tak menentu seperti saat ini, dirinya mengatakan bahwa jika menyimpan dan menyisihkan uang untuk masa depan, pastinya disaat masa pensiun akan menjadi lebih tenang bukan? Dalam artian lain, setiap individu harus bersiap diri menghadapi hal tak menentu dikemudian hari.

"Ingat pepatah, bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. Sama kayak semut, mereka cari makan pas ada matahari gak ada huja, jadi pas turun hujan mereka sudah ada cadangan makanan." ujar Andreas saat dihubungi oleh Okezone, Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

Untuk kondisi saat ini, dirinya menyarankan agar tidak bersikap konsumtif apalagi adanya Harbolnas kemarin. "Beli barang yang memang sudah direncanakan tidak menjadi masalah, tapi untuk barang yang tidak dibutuhkan bisa nanti kan?" papar Andreas.

Selain itu, untuk menyiati akhir pekan ini dirinya memberikan masukan, jika memang masih ada sisa gaji ke-13 untuk dimanfaatkan bersama keluarga. Sekedar memesan makanan, atau membeli minuman kopi.

"Menghabiskan waktu bersama,sambil nonton film sambil makan popcorn asyik juga kan? Intinya, jangan bersikap konsumtif ya," tutup Andreas.(*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 September 2020 - 13:07:27 WIB

    Gaji Pegawai Terus Naik, Begitu Juga dengan Harga Rumah

    Gaji Pegawai Terus Naik, Begitu Juga dengan Harga Rumah HARIANHALUAN.COM - Keberadaan tempat tinggal atau hunian sejatinya merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus tercukupi. Namun harga properti yang cukup mahal dan terus naik dari tahun ke tahun, menyulitkan beberapa kala.
  • Selasa, 08 September 2020 - 06:47:37 WIB

    Pemerintah Berharap Penerima Subsidi Gaji Belanjakan Produk UMKM

    Pemerintah Berharap Penerima Subsidi Gaji Belanjakan Produk UMKM HARIANHALUAN.COM - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berharap subsidi gaji/upah (BSU) yang diterima pekerja dipergunakan untuk belanja produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jika para pekerja membeli produk.
  • Senin, 07 September 2020 - 13:53:54 WIB

    Viral di Medsos, Staf Ahli Direksi BUMN Digaji Rp 50 Juta/Bulan

    Viral di Medsos, Staf Ahli Direksi BUMN Digaji Rp 50 Juta/Bulan HARIANHALUAN.COM - Surat Edaran bernomor SE-9/MBU/08/2020 tentang Staf Ahli Bagi Direksi Badan Usaha Milik Negara menjadi viral di media sosial. Dokumen tersebut  diunggah oleh Muhammad Said Didu melalui akun Twitternya @msa.
  • Senin, 07 September 2020 - 13:06:02 WIB

    Kabar Gembira, BLT Subsidi Gaji Rp600.000 Akan Ada Hingga 2021

    Kabar Gembira, BLT Subsidi Gaji Rp600.000 Akan Ada Hingga 2021 HARIANHALUAN.COM - Kasus corona belum usai, begitu juga dengan dampaknya, terutama di bidang ekonomi. Mengingat hal itu, pemerintah berencana akan melanjutkan kembali program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun depan. Sala.
  • Ahad, 06 September 2020 - 08:59:36 WIB

    6 Pekerjaan dengan Gaji Besar di Dunia, Tertarik Menjajalnya?

    6 Pekerjaan dengan Gaji Besar di Dunia, Tertarik Menjajalnya? HARIANHALUAN.COM - Memiliki pekerjaan dengan gaji besar merupakan impian setiap orang. Pasalnya, bayaran yang tinggi bisa memenuhi kebutuhan seseorang dengan baik. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]