Biar Gak Salah Arah, Begini Caranya Mengakuratkan Google Maps


Sabtu, 15 Agustus 2020 - 18:55:35 WIB
Biar Gak Salah Arah, Begini Caranya Mengakuratkan Google Maps Foto: madad2.com

HARIANHALUAN.COM - Bagi para pengguna smartphone Android, tentunya sudah tidak lagi asing dengan aplikasi peta bawaan, Google Maps. Selain digunakan sebagai aplikasi peta online untuk menemukan tempat-tempat yang sudah terindeks pada database Google, aplikasi ini juga diandalkan oleh sebagian besar pengguna Android sebagai panduan navigasi ketika akan bepergian ke suatu tempat.

Dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Sabtu (15/8/20202), entah untuk bepergian menuju tempat baru yang belum familiar, mencari jalan pintas yang lebih cepat, atau sekedar mencari jalan tikus untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

Namun, rupanya aplikasi sehebat ini pun masih memiliki kekurangan yang banyak dialami pengguna, yakni seringnya Google Maps menampilkan lokasi yang salah tidak sesuai harapan kita.

Nah, bagi kalian yang pernah atau bahkan sering mengalami kesalahan lokasi saat menggunakan aplikasi Google Maps di smartphone Android, simak cara berikut ini untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Google Maps Tidak Akurat

1. Aktifkan Mode Akurasi Tinggi


Untuk mendapatkan sinyal GPS sebaik mungkin dan meningkatkan akurasinya, pengguna harus siap menggunakan baterai sedikit lebih banyak dari biasanya.

Buka Settings pada perangkat > Location dan pastikan bahwa layanan lokasi telah aktif. Di bagian bawah Location, pilih Mode lalu tap High Accuracy untuk mendapatkan sinyal GPS akurasi tinggi.

Mode ini akan menggunakan seluruh komponen yang tersedia untuk menentukan lokasi kamu secara akurat. Misalnya dengan memanfaatkan Bluetooth, WiFi, GPS, hingga koneksi seluler.

2. Kalibrasi Google Maps

Kalibrasi ulang dapat membantu smartphone memahami lintang dan bujur (latitude & longitude) dengan benar. Berkat orientasi yang diperbaiki, akurasi GPS pun akan jauh lebih baik. Cara melakukan kalibrasi di aplikasi Google Maps yakni:

- Buka Google Maps di ponsel kamu, kemudian tap titik biru di peta.

- Tap tombol Calibrate compass yang berada di bagian pojok kiri bawah layar.

- Kemudian gerakan ponsel kamu seperti yang digambarkan. Polanya seperti membentuk angka delapan (8) atau simbol tak terbatas (∞).

- Apabila akurasi kompas sudah meningkat, tap Done.

Kalibrasi ulang kompas Google Maps sebaiknya dilakukan secara rutin, misal 2 minggu sekali supaya akurasi GPS tetap terjaga saat digunakan.

3. Restart Perangkat

Cara ini mungkin membutuhkan kesabaran, karena proses loading ketika booting mungkin memakan waktu untuk ponsel low-end. Akan tetapi, cara ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk dapat meningkatkan ketepatan dan akurasi tinggi GPS di smartphone kalian.

Situs support.google pun menyarankan agar pengguna menahan tombol power, lalu Matikan Daya. Lalu, aktifkan kembali ponsel dengan cara menahan tombol power hingga ponsel kembali menyala, setelah itu baru menggunakan layanan lokasi. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]