Inilah 5 Sungai Terpanjang di Indonesia, Salah Satunya Ada di Sumbar Lho


Sabtu, 15 Agustus 2020 - 20:20:15 WIB
Inilah 5 Sungai Terpanjang di Indonesia, Salah Satunya Ada di Sumbar Lho Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Tahukah kamu, Indonesia memiliki 5 sungai terpanjang. Bahkan panjangnya mencapai ribuan kilometer. Menariknya, dari 5 sungai terpanjang itu salah satunya ada di Sumbar lho.

Seperti dikutip dari kontan.co.id, Sabtu (15/8/2020), lantas, di mana saja sungai terpanjang di Indonesia itu? Berikut ulasannya.

1. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat

Sungai yang berada di Kalimantan Barat ini memiliki panjang 1.143 kilometer. Air yang ada di sungai ini berasal dari mata air di Pegunungan Muller dan berakhir di Selat Karimata. 

Sungai Kapuas pun dijadikan jalur transportasi kendaraan air karena melewati banyak daerah. Di sekitar sungai ini juga banyak dihuni oleh Suku Dayak dan Melayu.  

Selain itu, sungai ini juga menjadi rumah bagi lebih dari 700 jenis ikan air tawar. Bahkan, 12 jenis ikan di antaranya merupakan ikan langka dan 40 jenis lainnya terancam punah.

2. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur

Sungai yang terletak di Kalimantan Timur ini bermuara di Selat Makasar. Memiliki panjang 920 km, Sungai Mahakam banyak melintasi sejumlah wilayah, dengan Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu dan Kabupaten Kutai Kartanegara juga Kota Samarinda di bagian hilir. 

Sejak dulu sampai sekarang, Sungai Mahakam memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat di sekitar. Di antaranya, aliran Sungai Mahakam dimanfaatkan untuk jalur transportasi dan irigasi. 

Selain itu, sungai ini juga menjadi rumah bagi mamalia air tawar yang terancam punah, yaitu pesut mahakam. Ada sekitar 140 spesies ikan asli Mahakam.

Juga, sekitar 290 spesies burung yang hidup di Sungai Mahakam dan sekitarnya. Bahkan 70 spesies burung di antaranya juga merupakan burung endemik. 

3. Sungai Barito, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan

Sungai Barito memiliki panjang 890 kilometer dan mengalir dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan. Air sungai ini akan mengalir dari hulu yang berada di Pegunungan Schwaner dan terus mengalir hingga bermuara di Laut Jawa.

Sedangkan lebar sungai ini antara 650 sampai 1.000 meter dan kedalamannya mencapai delapan meter. Hal itu membuat sungai ini menjadi sungai terbesar dan terpanjang di Kalimantan Selatan.

Sungai Barito juga terkenal dengan pasar apung di mana masyarakat sekitar melakukan jual beli di atas perahu. 

4. Sungai Batanghari, Sumatra Barat dan Jambi

Sungai Batanghari memiliki panjang 800 kilometer yang mengalir dari Kabupaten Solok, Sumatra Barat hingga ke Jambi. Air yang ada di sungai ini berasal dari mata air yang ada di Gunung Rasan.

Sebagian area Sungai Batanghari termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Sayangnya, aktivitas pertambangan dan eksploitasi hutan membuat alur sungai menjadi berubah.

Akibatnya, Sungai Batanghari akan cepat meluap saat musim hujan tapi juga cepat kering ketika musim kemarau.

5. Sungai Musi, Sumatra Selatan

Sungai sepanjang 750 kilometer ini ada di Sumatra Selatan dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Untuk menghubungkan daerah yang terbelah itu, dibangunlah Jembatan Ampera.

Sungai Musi dan Jembatan Ampera menjadi ikon Kota Palembang yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di sepanjang sungai pun banyak tempat makan berbentuk perahu mengapung yang menjajakan kuliner khas Palembang. 

Selain itu, Sungai Musi juga dijadikan jalur transportasi oleh masyarakat di sekitarnya. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]