Hore, Aturan Bantuan Rp 600 Ribu per Bulan Telah Terbit


Sabtu, 15 Agustus 2020 - 22:09:42 WIB
Hore, Aturan Bantuan Rp 600 Ribu per Bulan Telah Terbit Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) nomor 14 tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh Dalam Penanganan Dampak COVID-19.

Permen itu ditetapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, yang diundangkan dan mulai berlaku per 14 Agustus 2020.

Aturan itu merupakan payung hukum dari pelaksanaan bantuan Rp 600 ribu per bulan untuk pegawai swasta yang bergaji di bawah Rp 5 juta.

Pada pasal 3 ayat (2) Permen tersebut menjabarkan syarat untuk memperoleh bantuan Rp 600 ribu/bulan yang akan diberikan selama 4 bulan atau totalnya Rp 2,4 juta/orang sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan
2. Terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan yang yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan
3. Pekerja/buruh penerima gaji/upah
4. Kepesertaan sampai dengan bulan Juni 2020
5. Peserta peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan gaji/upah di bawah Rp.5.000.000,00 (lima juta rupiah) sesuai gaji/upah terakhir yang dilaporkan oleh pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan
6. Memiliki rekening bank yang aktif

Dalam Permen tersebut, tak dicantumkan tanggal pencairan bantuan Rp 600 ribu/bulan itu. Namun, menurut pernyataan Ketua Pelaksana Harian Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir pada 12 Agustus 2020 lalu, bantuan itu rencananya akan diberikan dua tahap yakni Agustus dan September.

Secara rinci, bantuan gaji September-Oktober diberikan pada Agustus dan gaji November-Desember diberikan September. 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 01 September 2020 - 19:42:27 WIB

    Hore, Tarif Listrik bagi Pelanggan Nonsubsidi yang Masuk Daftar Ini Turun

    Hore, Tarif Listrik bagi Pelanggan Nonsubsidi yang Masuk Daftar Ini Turun HARIANHALUAN.COM - PT PLN (Persero) siap melaksanakan keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tentang penurunan tarif adjustment untuk pelanggan golongan rendah. Penetapan ini berlaku untuk bulan Oktober-Desem.
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 15:29:09 WIB

    Hore, Besok Libur Nasional dan Jumat 21 Agustus Cuti Bersama

    Hore, Besok Libur Nasional dan Jumat 21 Agustus Cuti Bersama HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah memutuskan untuk cuti bersama tahun baru hijriyah 2020. Hal itu diteken dalam revisi cuti bersama 2020 oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 07:51:40 WIB

    Hore, Dana Desa Bisa Dipakai untuk Penyediaan Internet

    Hore, Dana Desa Bisa Dipakai untuk Penyediaan Internet HARIANHALUAN.COM - Selain untuk membantu perekonomian masyarakat yang terdampak virus Corona atau Covid-19, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mengatakan, bahwa penggunaan dana desa dapat d.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]