Kasus Asusila Kian Marak di Sumbar, Sosiolog: Masyarakat Disarankan Lebih Waspada di Tempat Sepi


Sabtu, 15 Agustus 2020 - 22:31:54 WIB
Kasus Asusila Kian Marak di Sumbar, Sosiolog: Masyarakat Disarankan Lebih Waspada di Tempat Sepi Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kasus asusila (pencabulan dan pelecahan seksual) belakangan ini semakin marak terjadi di Kota Padang dan sekitarnya.

Menanggapi kasus tersebut, psikolog yang juga akademisi di Universitas Andalas, Dwiyanti Hanandini mengatakan peningkatan kasus asusila tersebut disebabkan ditengah situasi pandemi covid-19, masyarakat yang punya penyimpangan berada di lingkungan yang mendukung untuk melakukan tindakan asusila.

"Ya di masa pandemi ini, mungkin masyarakat banyak yang stres, penyebabnya karena himpitan ekonomi yang semakin terpuruk. Atau mungkin juga memang sudah punya penyimpangan dari diri pelaku sendiri dan lingkungan saat itu juga mendukung. Saat pelaku mempunyai hasrat seksual dan tidak bisa mengendalikan dirinya, sehingga pelaku melampiaskan ke korbannya. Apalagi lingkungan saat itu sangat mendukung," jelas Hanandini yang dihubungi Harianhaluan.com, Sabtu (15/8).

Lebih lanjut ia mengimbau masyarakat lebih waspada ketika berada di tempat sepi.

"Maka dari itu, kita semua harus lebih waspada di tempat yang sepi dan jangan melakukan tindakan yang bisa memancing gairah lawan jenis," katanya.

Ia juga menyarankan agar pemerintah terkait lebih meningkatkan langkah antisipasi seperti patroli dan memasang cctv di tempat rawan kejahatan.

"Kepada pemerintah terkait diharapkan lebih meningkatkan patroli di tempat-tempat yang sepi. Mungkin juga pemerintah diharapkan banyak memasang CCTV ditempat yang rawan kejahatan," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Yessi Yeswita /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]