Bahaya, Hindari 6 Makanan Ini Saat Perut Sedang Kosong


Ahad, 16 Agustus 2020 - 02:37:29 WIB
Bahaya, Hindari 6 Makanan Ini Saat Perut Sedang Kosong Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kondisi perut kosong yang dialami seseorang bisa menyebabkan rasa lapar dan membuatnya ingin makan berbagai macam hal. Padahal, dalam kondisi ini seseorang seharusnya lebih menahan diri.

Kondisi perut kosong ini bisa mengalami masalah ketika salah mengonsumsi makanan dan minuman. Jenis makanan dan minuman yang tak tepat bisa menyebabkan masalah lambung.

Kandungan pada beberapa makanan tidak bisa berpadu dengan tepat dengan kondisi lambung yang kosong. Hal ini malah bisa menyebabkan perut menjadi sakit dan masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, ketika dalam kondisi kosong, kita perlu berhati-hati dalam memilih makanan. Dilansir dari Bolsdky berikut sejumlah makanan yang tak boleh dikonsumsi pada saat perut tengah kosong.

Minuman Bersoda

Sudah banyak diketahui bahwa minuman bersoda merupakan musuh alami bagi perut yang tengah kosong. Kandungan asam yang cukup tinggi pada minuman ini bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti mual dan kembung ketika bercampur dengan asam lambung.

Tomat

Walaupun lezat dan menyegarkan, tomat juga merupakan makanan yang haram dikonsumsi ketika perut tengah kosong. Asam yang dikandung dalam tomat bisa bereaksi dengan asam perncernaan dalam perut dan dalam jangka waktu panjang bisa berubah menjadi batu empedu.

Alkohol

Minuman beralkohol merupakan salah satu pilihan minuman paling buruk ketika perut tengah kosong. Konsumsi alkohol pada waktu perut kosong bisa melukai sejumlah lapisan dalam usus kamu.

Makanan Pedas

Makanan pedas sebaiknya juga dihindari ketika perut tengah kosong. Walaupun sedap dan juga kegemaran hampir semua orang, makanan pedas bisa memicu asam lambung naik dan membuat lambung terasa perih.

Kopi

Ketika perut tengah kosong, kopi juga merupakan minuman yang sebaiknya tak dikonsumsi saat perut sedang kosong. Kandungan kafein dalam kopi dapat memicu naiknya asam lambung. Untuk mensiasati masalah ini, kamu bisa meminum segelas air putih lebih dahulu sebelum minum kopi.

Teh

Setali tiga uang dengan kopi, teh juga memiliki kandungan kafein yang membuatnya juga haram dikonsumsi ketika perut tengah kosong. Kandungan asam yang tinggi dari teh ini bisa melukai lapisan perut kamu.

Sejumlah makanan dan minuman tersebut tidak boleh sembrono dikonsumsi pada saat perut kosong. Pasalnya, dalam kondisi yang tak tepat, bukan tak mungkin kamu justru bakal mengalami masalah pencernaan saat mengonsumsinya. (*)

loading...
 Sumber : merdeka.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 15:04:39 WIB

    Hand Sanitizer yang Mengadung Metanol Berbahaya, Ini Bedanya dengan Etanol

    Hand Sanitizer yang Mengadung Metanol Berbahaya, Ini Bedanya dengan Etanol HARIANHALUAN.COM - Belum lama ini Food Drugs Administration (FDA) menemukan metanol dalam beberapa sampel merek pembersih tangan yang diproduksi oleh salah satu produsen bahan kimia yang berbasis di Meksiko. Tentunya hal ini .
  • Senin, 30 Maret 2020 - 07:27:49 WIB

    10 Buah Paling Berbahaya, Termasuk Belimbing

    10 Buah Paling Berbahaya, Termasuk Belimbing JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Buah-buahan pada umumnya mendatangkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Ada beragam vitamin yang terkandung di dalamnya..
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 21:53:12 WIB

    Bikin Empon-Empon untuk Atasi Covid-19 Malah Berbahaya, Kalau...

    Bikin Empon-Empon untuk Atasi Covid-19 Malah Berbahaya, Kalau... JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Empon-empon mendadak diburu masyarakat karena diklaim dapat menangkal virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Namun ada hal yang harus Anda perhatikan jika ingin konsumsi racikan empon-em.
  • Senin, 23 Desember 2019 - 12:57:02 WIB

    Ikan Paling Berbahaya, Makan Alat Vital Pria

    Ikan Paling Berbahaya, Makan Alat Vital Pria BRASILIA, HARIANHALUAN.COM - Bukan hiu apalagi piranha. Inilah candiru, ikan yang kecil ukurannya tapi bisa memakan penis manusia dari dalam. Hiii....
  • Senin, 16 Desember 2019 - 17:29:01 WIB

    Berbagi Handuk dengan Pasangan Bisa Berbahaya, Ini Sebabnya

    Berbagi Handuk dengan Pasangan Bisa Berbahaya, Ini Sebabnya HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Beberapa orang terbiasa berbagi atau menggunakan handuk yang sama dengan pasangan atau saudara. Padahal kebiasaan berbagi handuk itu justru membahayakan kesehatan. Para ahli mengatakan handuk tidak.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]