Hendrajoni Resmikan Masjid Mujahidin Bil Haq Rawang Nagari Painan Utara


Ahad, 16 Agustus 2020 - 10:25:02 WIB
Hendrajoni Resmikan Masjid Mujahidin Bil Haq Rawang Nagari Painan Utara Hendrajoni saat meresmikan Masjid Mujahidin Bil Haq Rawang Nagari Painan Utara

HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni resmikan Musala Mujahidin menjadi Masjid Mujahidin Bil Haq Rawang yang berada di Nagari Painan Utara, Kecamatan IV Jurai. Pada sambutannya ia mengingatkan umat Muslim agar selalu meramaikan masjid.

"Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas Muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Quran sering dilaksanakan di sini. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan," katanya, dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Minggu (16/8).

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Dikatakannya, semua Muslim yang telah baligh atau dewasa diperintahkan untuk menunaikan salat wajib lima kali sehari secara berjamaah di masjid, kecuali ada halangan. Pada hari Jumat, semua muslim laki-laki yang telah dewasa diwajibkan pula pergi ke masjid untuk menunaikan salat Jumat selama tidak ada halangan.

Selain tempat salat, fungsi utama masjid yang lainnya adalah sebagai tempat pendidikan. Beberapa masjid, terutama yang didanai oleh pemerintah, biasanya menyediakan tempat belajar baik ilmu tentang ke-Islaman maupun ilmu umum.

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

"Tempat pendidikan tersebut memiliki tingkatan dari dasar sampai menengah, walaupun ada beberapa sekolah yang menyediakan tingkat tinggi. Beberapa masjid biasanya menyediakan pendidikan paruh waktu, biasanya setelah subuh, maupun pada sore hari," lanjutnya lagi.

Pendidikan di masjid ditujukan untuk segala usia, dan mencakup seluruh pelajaran, mulai dari ke-Islamab sampai sains. Selain itu, tujuan adanya pendidikan di masjid adalah untuk mendekatkan generasi muda kepada masjid.

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

Beberapa masjid juga menyediakan pengajaran tentang hukum Islam secara mendalam. Madrasah, walaupun letaknya agak berpisah dari masjid, tetapi tersedia bagi umat Islam untuk mempelajari ilmu keislaman. (*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]