Besok! Seluruh Lampu Merah Menyala Serentak 3 Menit di Padang, Masyarakat Diimbau Dengarkan Lagu Kemerdekaan 17 Agustus 1945


Ahad, 16 Agustus 2020 - 10:57:00 WIB
Besok! Seluruh Lampu Merah Menyala Serentak 3 Menit di Padang,  Masyarakat Diimbau Dengarkan Lagu Kemerdekaan 17 Agustus 1945 Dian Fakri

HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Padang, Dian Fakri mengeluarkan himbauan kepada masyarakat Kota Padang untuk ikut andil dalam mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang akan dikumandangkan melalui speaker ATCS yang ada di traffic light selama tiga menit pada pukul 10.17 hingga 10.20 WIB, Senin (17/8/2020) besok.

Lanjut Dian Fakri, pengumuman ini juga telah disampaikan oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah agar pada jam tersebut semua masyarakat berdiri tegak, berhenti sementara dari aktivitas untuk waktu tiga menit tersebut.

"Kalau kami dari dishub akan mengusahakan traffic light yang berada di sejumlah titik untuk dihidupkan lampu merah semua agar pengendara dapat berhenti sementara dengan dibantu dari aparat kepolisian, satpol PP, dan dishub," katanya Minggu (16/8/2020).

Dian Fakri juga mengharapkan pada masyarakat untuk memberikan sikap sempurna sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya supaya terbentuk rasa nasionalisme pada masyarakat, "karena selama ini, yang ikut upacara saja yang berpastisipasi, sedangkan yang lainnya sibuk dengan kegiatan masing-masing. Ini tidak benar makanya perlu kita perbaiki, mari kita tunjukkan bahwa kita bangsa besar yang bangga dengan NKRI" harapnya.

Dian Fakri menerangkan, jika tidak adanya kemerdekaan ini mungkin akan sangat berbahaya kondisi Indonesia saat ini dan masyarakatpun tidak akan siap. Untuk menghadapi wabah pandemi corona saja perekonomian sudah anjlok. "Tidak pas saja rasanya jika kita tidak berpastisipasi dalam tiga menit ini yang hanya satu kali dalam setahun," katanya.

Diakui Dian Fakri, ini merupakan sebuah tantangan, lantaran tidak semua traffic light di Kota Padang bisa distel untuk dihidupkan lampu merah di empat titik persimpangan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dishub Kota Padang menurunkan sejumlah aparat yang nantinya akan mengatur lalu lintas pada setiap persimpangan. "Saya akui tidak mudah juga menghidupkan serentak lampu merah di empat simpang itu, makanya kita menurunkan aparat untuk membantu realisasi dari rencana ini agar proses lalu lintas juga lancar," katanya.

Melalui rapat di kantor Gubernur Sumbar beberapa hari yang lalu, Dishub Kota Padang akan menurunkan minimal satu kepolisian, satu dinas perhubungan dan kemungkinan dua atau lebih Satpol PP dalam satu persimpangan traffic light. Terkhusus bagi lampu merah yang tidak bisa distel merah semuanya maka akan diturunkan aparat lebih banyak.

"Saya tengah gencar mensosialisasikan ini di semua sosmed agar diketahui masyarakat, kapan perlu bagi yang menjual air kelapa dan sebagainya berhenti dulu tiga menit untuk bangsa kita, sejumlah kanal radio, TV dan himbauan di media juga dilakukan," kata Dian Fakri semangat.

Ini merupakan perdana di lakukan di Sumbar, dalam kondisi tertentu seperti mobil ambulance, ia mengatakan jika pasien di dalam ambulance tersebut memiliki kondisi yang tidak darurat silahkan untuk berpartisipasi, namun jika kondisinya darurat dan menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan itu diluar tanggung jawab silahkan izin dan menyesuaikan. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]