Buronan Tersangka Kupak Rumah di Padang Diciduk Saat Bersantai


Ahad, 16 Agustus 2020 - 16:36:59 WIB
Buronan Tersangka Kupak Rumah di Padang Diciduk Saat Bersantai ilustrasi penangkapan

HARIANHALUAN.COM - Tim Elang Polresta Padang membekuk seorang tersangka pencurian spesialis kupak rumah di Jalan Gurun Laweh, Kecamatan Lubuk Bagaluang, Kota Padang, Sabtu (15/8/2020) sekitar pukul 17.30 WIB. Tersangka yang diketahui bernama Fitri Gustian alias Dafit Toyak (41) ini beraksi di sebuah rumah yang ada dekat rumah makan Alam Jaya Indah By Pass, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji.

Tersangka ditangkap berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/67/ B/II/2020/SPKT Sektor Kuranji tanggal 17 Februari 2020. Atas laporan tersebut, tersangka ini sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) lebih kurang enam bulan. Dua rekan tersangka ini yakni, Agus dan Rajab sudah tahap II. Dari keterangan kedua rekannya tersebut, polisi berhasil mengantongi identitas dan ciri-ciri tersangka yang sempat kabur usai mencuri.

Baca Juga : Merespon Penembakan oleh Oknum Polisi, Kapolri Terbitkan Telegram

Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda mengatakan, setelah beberapa bulan menjadi buron, akhirnya personil mendapatkan informasi tentang keberadaan tersangka Toyak. Atas informasi tersebut, pihaknya pun langsung bergerak ke lokasi. Tersangka diciduk saat sedang duduk-duduk di teras rumah warga di kawasan Gurun Laweh.

Saat ditangkap petugas, tersangka pasrah dan tidak melakukan perlawanan ketika digiring tim Elang ke Mapolresta Padang. "Tersangka merupakan warga Jalan Marapalam Raya, Kelurahan Kubu Marapalam, Kecamatan Padang Timur. Sedangkan, barang bukti berupa sepeda motor merk mio warna hitam adalah alat yang digunakan saat beraksi," ujar Rico, Minggu (16/8/2020).

Baca Juga : Terjadi di Tegal, Wakil Wali Kota Dilaporkan Wali Kota ke Polisi

Setelah ditangkap, katanya, anggota Opsnal kemudian melakukan interogasi terhadap tersangka. Dari interogasi yang dilakukan, tersangka mengakui telah melakukan pencurian dengan pemberatan tersebut. "Terhadap pelaku, akan dilakukan proses lebih lanjut untuk menyusul dua rekannya yang penanganannya telah masuk tahap II," tandasnya.

Sementara diketahui, sebelum melakukan pencurian, ketiga tersangka ini mencari sasaran di daerah sekitaran Jalan By Pass, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji. Kemudian, saat mengintai, mereka melihat rumah belakang RM Alam Jaya Indah yang terlihat sepi. Ketiganya pun berbagi peran untuk masuk ke dalam rumah yang sudah menjadi target tersebut. (*)

Baca Juga : Ogi Tewas Gantung Diri di Pintu Kamar Kost Kekasihnya

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]